sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Minggu, 04 Sep 2022 11:14 WIB

Gandeng Qualcomm, Meta bakal produksi chip khusus headset Virtual Reality

Meta bakal melanjutkan kerja sama dengan Qualcomm untuk memproduksi chipset khusus bagi perangkat Virtual Reality miliknya.

Gandeng Qualcomm, Meta bakal produksi chip khusus headset Virtual Reality

Meta Platform Inc dilaporkan bakal terus menggunakan chipset produksi Qualcomm untuk jajaran headset Virtual Reality (VR) miliknya. Perusahaan milik Mark Zuckerberg ini telah menandatangani kontrak kerja sama dengan Qualcomm guna menghadirkan chip khusus di perangkat Virtual Reality Quest mendatang. 

Kesepakatan ini telah diumumkan Meta pada Jumat lalu dalam acara Consumer Electronics Conference (IFA 2022) yang diselenggarakan di Berlin. Berdasarkan perjanjian, kedua perusahaan tersebut nantinya akan berkolaborasi untuk membangun chipset yang ‘disesuaikan’. 

"Kami bekerja dengan Qualcomm Technologies pada chipset realitas virtual yang disesuaikan — bertenaga oleh platform dan teknologi Snapdragon XR — untuk peta jalan produk Quest kami di masa depan," kata CEO Meta, Mark Zuckerberg, dilansir dari Engadget (4/9). 

Seperti diketahui, Quest merupakan produk headset VR yang dikembangkan oleh Meta. Sementara itu, headset Meta Quest 2 sendiri telah menggunakan chipset dari Qualcomm yakni Snapdragon ‘extended reality’ generasi kedua (XR2). 

Lewat kolaborasi tersebut, kedua perusahaan ini kemungkinan bakal mengembangkan teknologi XR generasi berikutnya. Chipset kemudian akan dioptimalkan secara khusus untuk spesifikasi sistem yang terdapat di perangkat Quest mendatang. 

“Tim teknik dan produk kedua perusahaan akan memperdalam kolaborasi teknis untuk menghadirkan platform dan teknologi inti generasi berikutnya,” ujar juru bicara Qualcomm. 

Meta sejauh ini telah banyak berinvestasi untuk dalam pengembangan dunia metaverse. Bahkan, CEO Meta, Mark Zuckerberg menyatakan, pembangunan realitas virtual menghadirkan sejumlah tantangan baru dan multi-dimensi dalam komputasi spasial, biaya, dan faktor bentuk. 

“Chipset (khusus) ini akan membantu kami terus mendorong realitas virtual hingga batasnya dan memberikan pengalaman yang luar biasa,” tambah Zuckerberg.

Share
×
tekid
back to top