Galaxy Note 10 bisa dipakai untuk bermain gim PC

Samsung dilaporkan membawa fitur bernama PlayGalaxy Link. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memainkan gim PC pada perangkat Galaxy Note 10.

Galaxy Note 10 bisa dipakai untuk bermain gim PC Source: Youtube

Galaxy Note 10 dan Note 10+ hadir sebagai flagship terbaru Samsung. Kedua smartphone ini hadir dengan sejumlah fitur baru. Dari sekian banyak fitur itu, tahukah kamu kalau Samsung juga menyematkan fitur yang mendukung pengalaman bermain gim PC di perangkat Galaxy Note 10. 

Dilansir dari TechCrunch (9/8), fitur itu bernama PlayGalaxy Link. Melalui fitur ini, pengguna Samsung Galaxy Note 10 dapat streaming gim langsung dari PC ke perangkat smartphone mereka. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Galaxy A70s bakal bawa kamera 64MP

Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus laris manis di Korea Selatan

Samsung Galaxy A10s resmi rilis di Indonesia


Fitur ini tampil serupa seperti fitur yang ditawarkan Microsoft untuk Xbox. Pemain bisa menampilkan gim PC ke perangkat mobile mereka meskipun tidak terhubung ke jaringan yang sama. Untuk dapat menggunakan fitur ini, pemilik Galaxy Note 10 harus memasang aplikasi GalaxyPlay Link pada komputer atau laptop mereka.

Bersamaan dengan itu, hadir pula sebuah video yang menunjukkan kemampuan fitur ini. Dalam video tersebut, seseorang sedang memainkan gim di laptop Samsung Odyssey. Ia kemudian membuka aplikasi PlayGalaxy Link pada laptop itu, kemudian melanjutkan permainan. Tak butuh waktu lama, ia langsung meraih Galaxy Note 10 di sebelahnya. Begitu PlayGalaxy Link dibuka, aplikasi ini akan langsung mendeteksi koneksi dari laptop. 

Gim di laptop itu pun bisa ditampilkan pada perangkat Note 10 pengguna. Ketika dimainkan di smartphone, gim di laptop tetap berjalan sesuai dengan sinkronisasi di smartphone. Namun belum diketahui, apakah terjadi penurunan kualitas ketika gim PC dimainkan di perangkat smartphone

PlayGalaxy menjadi langkah Samsung untuk semakin terlibat dalam dunia gim mobile. Ini akan menjawab tantangan dari Apple Arcade dan Google Stadia yang sudah diumumkan sebelumnya. Dari segi hardware, mestinya tidak ada kendala yang bakal terjadi ketika pengguna menjajal fitur ini. 

Tawaran ini tampaknya berkaitan dengan kerjasama yang terjalin antara Samsung dan Microsoft. Kerjasama itu sendiri berpeluang besar menantang penawaran ekosistem yang diberikan Apple. Sampai saat ini, detail mengenai PlayGalaxy Link masih belum diketahui. Beberapa pertanyaan pun muncul, apakah akan ada lag? Berapa banyak data yang dibutuhkan? Hingga apakah fitur ini juga akan hadir ke perangkat Samsung lainnya. Tampaknya kita harus menunggu beberapa waktu sampai Samsung benar-benar menjabarkan detail fitur itu. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: