sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Selasa, 26 Apr 2022 12:41 WIB

Fitur tersembunyi di OPPO A96 yang wajib diketahui pengguna

OPPO A96 memiliki fitur-fitur unik yang OPPO siapkan untuk memudahkan penggunaan ponsel. Beberapa fitur ini diyakini dapat meningkatkan pengalaman penggunaan perangkat.

Fitur tersembunyi di OPPO A96 yang wajib diketahui pengguna

Smartphone atau ponsel pintar memang sudah seharusnya hadir dengan fitur-fitur pintar guna mendukung penggunanya. Namun, fakta yang cukup menarik adalah tidak semua pemilik ponsel mengetahui semua fitur smartphone yang mereka gunakan. Bahkan mereka tidak menyadari bahwa ada fitur-fitur menarik yang bisa saja berguna atau mendukung produktivitas harian.

OPPO A96 misalnya. Ponsel ini hadir dengan fitur utama layar, ram, memori yang serba besar. Tidak hanya itu, seri A terbaru OPPO ini juga membawa banyak fitur premium seri OPPO Reno, seperti teknologi OPPO Glow dan SUPERVOOC 33W.

Tetapi, tahu kah kalian jika OPPO A96 memiliki fitur-fitur unik yang OPPO siapkan untuk memudahkan penggunaan ponsel. Apa saja fitur tersebut, berikut ulasannnya.

 

Icon pull-down gesture

Fitur ini memang bukan fitur baru. Namun, fitur ini terasa sangat berguna saat digunakan pada ponsel berlayar besar. Seperti OPPO A96 yang mengusung layar 6,59 inci.

Fitur ini sejatinya disiapkan untuk memudahkan pengguna menjangkau setiap aplikasi yang ada di layar, ketika menggunakan satu tangan di saat-saat tertentu. Fitur ini mirip seperti One-Handed Mode, namun One-Handed Mode membuat tampilan layar menjadi kurang menarik. Sementara Icon pull-down gesture tidak mengurangi keindahan tampilan pada layar.

Icon pull-down gesture bekerja dengan mengumpulkan seluruh aplikasi di layar ke pojok kiri atau kanan bawah, tergantung dari mana arah ibu jari mengaktifkan fitur ini. Dengan begini pengguna bisa lebih mudah menjangkau aplikasi yang terletak diatas, atau sudut-sudut yang sulit dijangkau ketika menggunakan satu tangan.

Untuk mengoperasikan fitur ini, pengguna hanya cukup menggeser layar di sisi kiri atau kanan ke arah atas. Saat aplikasi terkumpul, cukup arahkan ibu jari ke aplikasi yang hendak dibuka. 

Fitur ini bisa diaktifkan melalui Settings kemudian pilih menu Icon pull-down gesture.

 

Air gestures

Fitur unki lainnya dari seri A terbaru OPO ini adalah Air gestures. Ada kalanya kita tidak bisa menyentuh ponsel karena tangan kotor, sedang makan misalnya, atau mencuci piring. Dengan Air gestures kalian tetap dapat menggulir halaman media sosial sembari melakukan dua aktivitas tadi atau menerima panggilan masuk.

Air gestures bekerja dengan menangkap gerakan tangan pengguna saat digerakkan di depan kamera muka. Gerakan sapuan ke atas akan membuat konten TikTok bergulir ke halaman selanjutnya, sapuan ke bawah akan menggulir layar ke konten sebelumnya. Fitur Air scroll pada Air gestures ini mendukung hingga 4 aplikasi media sosial populer, meliputi TikTok, YouTube, Instagram, dan Facebook.

Sementara Call control gestures dapat menerima panggilan dengan cara yang hampir serupa. Ketika ada panggilan masuk, dekatkan tangan hingga berjarak 20 - 40 cm, tunggu ikon ttangan muncul di tengah layar, sapu ke atas untuk menerimanya.

Tak hanya menerima, kalian juga bisa mensunyikan panggilan tersebut atau mute. Caranya dekatkan telapak tangan hingga berjarak 20 - 40 cm, tunggu hingga sensor membaca tangan kalian. Maka panggilan tersebut akan masuk pada mode mute.

Fitur Air Gestures ini bisa kalian temukan di Settings, kemudian pilih menu Convinience tools, lalu pilih menu Gesture & motions.

 

Screenshot translate

Fitur menarik selanjutnya adalah tangkapan layar atau screenshot. Mungkin kalian bertanya-tanya, apa sih yang menarik hanya dari tangkapan layar atau screenshot yang hampir bisa dilakukan oleh semua ponsel saat ini. Namun, OPPO punya 3 jenis screenshot pada seri A barunya ini.

Screenshot pertama adalah screenshot standar, sekadar menangkap layar. Kemudian ada juga screenshot yang bisa di scroll, ketika habis melakukan screenshot, piih scroll agar ponsel mulai menangkap jika halaman tersebut cukup panjang.

Screenshot ketiga adalah yang paling berguna, screenshot translate. OPPO sudah mulai menawarkan fitur ini dari seri flagshipnya beberapa tahun silam. Kini, seri A sudah mulai kebagian fitur ini.

Screenshot translate memungkinkan kalian langsung mendapatkan terjemahan ke bahasa yang kalian pilih. Fitur ini akan sangat berguna bagi kalian yang ingin mendapatkan berita atau teks pada gambar berbahasa asing yang tidak kalian kuasai dengan cepat. 

Tak perlu repot lagi membuka Google Translate, karena ponsel akan mendeteksi bahasa atau teks pada layar, kemudian diterjemahkan saat itu juga. Prosesnya relatif sangat singkat. Screenshot translate juga dapat digunakan sebagai metode pembelajaran untuk anak-anak.

Cara menggunakan screenshot translate cukup mudah. Tekan 3 jari pada layar hingga timbul getaran dan muncul area terang pada layar yang bisa digeser. Geser area terang ini ke teks atau gambar berisi teks. Kemudian pilih Translate ke bahasa yang kalian inginkan. Tak perlu waktu lama, kalian sudah mendapatkan terjemahannya.

Nah, itu tadi fitur-fitur tersembunyi yang bisa kalian manfaatkan agar meningkatkan pengalaman penggunaan ponsel. Khususnys OPPO A96. Ponsel ini menjadi seri A terlengkap saat ini, karena dibekali dengan berbagai fitur premium.

Perangkat ini bisa kalian dapatkan melalui jaringan OPPO Store atau toko–toko yang menjual perangkat ponsel OPPO di seluruh Indonesia atau secara online pada aplikasi OPPO Store yang terdapat di perangkat ponsel OPPO atau OPPO Official Store yang terdapat di jaringan situs e-dagang terkemuka di Indonesia. Harga untuk ponsel ini adalah Rp4.299.000.

Editor
Share
×
tekid
back to top