sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
Kamis, 28 Jan 2021 15:53 WIB

Kupas tuntas fitur kustomisasi OPPO ColorOS 11

ColorOS 11 melanjutkan kesuksesan ColorOS 7 yang mengenalkan penyelarasan ikon, namun versi baru ini membawa kemudahan kustomisasi yang lebih luas lagi.

Kupas tuntas fitur kustomisasi OPPO ColorOS 11

ColorOS merupakan antarmuka yang dikembangkan OPPO Electronics untuk digunakan pada jajaran smartphone-nya. Antarmuka ini terus dikembangkan dengan memperhatikan masukan dari para penggunanya. Hal ini bertujuan untuk memberikan antarmuka yang lebih dekat dengan keinginan pengguna, serta memenuhi apa yang mereka butuhkan.

Saat ini ColorOS sudah memasuki versi ke 11 yang didasarkan pada Android 11. Sebelumnya, antarmuka ini juga sukses memberikan hal-hal segar bagi para penggunanya. ColorOS 11 melanjutkan kesuksesan ColorOS 7 yang mengenalkan penyelarasan ikon, namun versi baru ini membawa penyesuaian serta fitur baru yang lebih luas lagi.

Berikut hal-hal yang bisa di kustomisasi di ColorOS 11:

Kustomisasi ikon dan Home Screen

Di ColorOS 11, kalian bisa dengan bebas menyesuaikan tata letak tampilan sesuai dengan tampilan favoritmu. Kalian bisa mengatur posisi aplikasi, jajaran widget mulai dari jam hingga pintasan ke aplikasi tertentu, mengatur efek transisi, juga memilih untuk static wallpaper atau live wallpaper agar tampilannya lebih dinamis

Untuk mengatur tampilan Home Screen, kalian bisa melakukan gerakan seperti mencubit layar.

Kustomisasi skema warna

ColorOS 11 juga menawarkan personallisasi warna favorit di samrtphone OPPO kalian. Kalian dapat memiih 10 warna dalam 5 skema, skema warna yang kaian pilih dapat dipakai untuk mengubah skema warna pada ikon di kontrol menu dan ikon untuk memastikan pengalaman visual yang lebih berwarna.

Kustomisasi Always-On Display

Dengan berbagai opsi tampilan pada OS 7, ColorOS 11 memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan pola Always-On Display (AOD) sendiri agar lebih personal. Dengan latar belakang berwarna hitam yang difungsikan sebagai canvas, kalian dapat mengetuk dan menyert jari kalian pada panel ini untuk menghasilkan pola AOD yang unik dan berbeda-beda.

Untuk membuat pola AOD yang lebih personal, kalian hanya perlu membuka Setting – Personalizaton – Always-On Display – Custom Patterns.

Kustomisasi Wallpaper

Jika kalian suka memamerkan foto kreasi untuk dijadikan wallpaper, OPPO melalui ColorOS 11 memilliki cara untuk membuat tampilan wallpaper makin unik dan beda. Kalian hanya perlu mengambil foto seperti biasa. Di sini OPPO menggunakan algortima khusus di ColorOS 11 yang akan mengatur ulang serta menganalisis warna untuk menghasilkan wallpaper yang kreatif, beda, namun tetap berdasarkan referensi foto yang kalian pakai.

Untuk membuat wallpaper yang kreatif, kalian hanya perlu mengambil foto seperti biasa, kemudian ketuk More, Set as wallpaper, ketuk ikon bulatan di atas tombol apply. Kemudian AI akan mulai menganalisis dan memberikan beberapa pilihan wallpaper yang bisa kalian pakai.

Kustomisasi Dark Mode

Fitur Dark Mode sejatinya sudah mulai dikenalkan pada ColorOS 7, di mana pada versi tersebut OPPO meluncurkan All-Day Dark Modeyang sudah terkustomisasi serta kompatibel dengan aplikasi pihak ketiga.

Pada ColorOS 11, fitur Dark Mode ini telah dikembangkan leih jauh. Fitur Dark Mode pada ColorOS 11 kini memiliki tiga skema warna dengan tingkat kontras yang berbeda. Hal ini memberikan pilihan bagi kalian untuk mengatur tingkat kegelapan serta kapan mulai aktifnya dengan fitur Auto Switch.

Artist Wallpaper Project

OPPO bekerja sama dengan lebih dari 30 artis dan seniman terkenal di seluruh dunia yang diperkenalkan tahun lalu. Di ColorOS 11, OPPO terus mengembangkan Artist Wallpaper Project lebih jauh lagi.

Tahun ini, OPPO bekerja sama dengan Beauty of Science untuk menawarkan lebih bnayak variasi pilihan. Variasi yang dimaksud di sini meliputi foto mikrosko, makro, dan timelapse. Di mana, OPPO ingin menampilkan keindahan tersembunyi dari hal-hal yang mungkin tidak kita sadari.

Untuk melihat wallpaper ini kalian bisa membuka Settings – Personalizations – Wallpapers.

Buat nada dering sendiri

Tak hanya dari segi tampilan, OPPO juga menawarkan penggunanya untuk mengkustomisasi nada dering sendiri menggunakan Lab Ringtone pada OPPO Lab.

Dengan fitur ini,kalian dapat membuat nada dering sesuai dengan keinginan kalian. Di ColorOS 11 kalian bisa menemukan ada beberapa contoh nada dering yang bisa dikustomisasi mulai dari genre juga kecepatannya.

Untuk membuat nada dering ini, kalian buka OPPO Lab lalu pilih Lab Ringtone.

 

Contoh di atas diambil menggunakan OPPO Find X2 Pro yang sudah menjalankan OPPO ColorOS 11. Beberapa varian lainnya yang juga sudah menjalankan OPPO ColorOS 11 juga bisa mencoba kustomisasi seperti di atas, meliputi Oppo Reno4 series, Oppo Reno5, juga OPPO Reno 10x Zoom.

Selamat mencoba.

Editor
Share
×
tekid
back to top