sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
Sabtu, 16 Jan 2021 11:44 WIB

Ini dia fitur-fitur fotografi baru OPPO Reno5

Varian baru seri Reno ini memang diklaim lebih banyak membawa inovasi pada sektor videonya, namun bukan berarti tidak ada hal baru untuk sektor fotografinya.

Ini dia fitur-fitur fotografi  baru OPPO Reno5

OPPO Indonesia akhirnya meluncurkan seri baru, yakni Reno5 padahal baru menginjak minggu kedua tahun 2021. Seri Reno baru ini kembali membawa inovasi pada sektor foto dan videografinya. Berbeda dengan Reno4, OPPO Reno5 lebih difokuskan pada perangkat videografi. Meski begitu, OPPO tetap membawa beberapa algoritma serta peningkatan baru pada sektor fotografinya.

Apa saja fitur baru fotografi di Reno5?

Kamera 64MP

OPPO Reno5 memiliki kamera utama 64MP, lebih besar jika dibanding OPPO Reno4 yang memiliki kamera utama 48MP. Dengan resolusi yang semakin besar, pengguna akan mendapatkan opsi untuk menghasilkan foto dengan resolusi yang cukup besar serta detail yang baik.

Sebagai info yang perlu diketahui, OPPO Reno5 secara default tidak menghasilkan foto dengan resolusi 64MP. Melainkan foto berukuran 16MP menggunakan metode piksel binning. Untuk mendapatkan foto dengan resolusi 64MP, kalian harus mengaktifkan mode 64MP-nya dengan menggeser ikon berbentuk baris pada menu utama yang bisa kalian temukan saat membuka aplikasi kamera.

Menu baru ini berisi beberapa pengaturan cepat untuk memudahkan pengguna mengkonfigurasi OPPO Reno5 sebelum mulai mengambil foto. Beberapa menu tersebut meliputi ukuran Frame, Timer, dan mode 64MP.

AI scene enhancement

Kalau kalian mengikuti perkembangan smartphone OPPO, terutama varian Reno, pastinya kalian akan langsung menyadari ada fitur yang berganti. Apa itu? Yap Dazzle Color. Pada OPPO Reno4, mode Dazzle Color diganti menjadi fitur baru yang bernama AI scene enhancement.

Fitur apakah ini? sebenarnya cara kerja fitur AI scene enhancement bisa dibilang mirip seperti Dazzle Color, menghasilkan foto dengan warna yang cerah. Bedanya pada AI scene enhancement, OPPO Reno5 mengoptimalkan kemampuan AI pada prosesornya.

Jika diaktifkan, maka AI akan mendeteksi subjek dan pemandangan yang kalian portret. Kemudian memberikan sentuhan agar hasil fotonya tampak lebih cerah dan sempurna. Kinerja AI scene enhancement terolong cepat dan gesit, hal ini terbukti ketika kamera bisa mendeteksi subjek yang ada di hadapan kamera dalam waktu singkat.

Image Clear Engine

Salah satu peningkatan yang juga ditawarkan kamera OPPO Reno5 adalah kemampuannya untuk mengambil subjek yang bergerak. Menurut tim litbang OPPO, beberapa pengguna membutuhkan perangkat yang bisa sigap dipakai untuk menangkap momen cepat atau subjek bergerak. Rahasianya adalah algoritma yang ditanamkan di dalamnya.

Pengoptimalan tingkat sistem ini memungkinkan pengguna mengambil bidikan yang jelas dari subjek bergerak, atau dengan cepat menangkap momen dengan hasil yang tajam.

Kamera wide minim distorsi

Selain hal baru di atas, OPPO Reno5 juga memperbaiki kemampuan lensa ultra wide-nya. Menggunakan lensa model ini memang harus diperhatikan, karena jika mengambil foto menggunakan lensa wide sembarangan hasil fotonya bisa-bisa terdistorsi.

Menariknya, OPPO Reno5 bisa mengurangi efek distorsi pada lensa lebarnya. Bagaimana caranya?

Jawabannya kembali lagi pada tim litbang OPPO, yang sempat mengatakan bahwa mereka menanamkan algoritma distortion correction pada presentasi ekslusif beberapa hari lalu. Hadirnya algortima ini, menghilangkan kekhawatiran pengguna ketika hendak memotret menggunakan mode ultra wide.

Bagaimana dengan fitur lainnya? OPPO Reno5 juga masih mewarisi fitur-fitur fotografi dari varian OPPO sebelumnya, seperti AI Color Portrait dan Night Flare Portrait yang bisa kalian temukan pada tab portrait.

Nah untuk fitur Ultra Clear 108MP Image sekarang di OPPO Reno5 namanya jadi Extra HD, yang bisa kalian temukan pada tab More. Di sini pula kaian akan menemukan menu-menu fotografi lainnya seperti Macro dan Expert.

Untuk fitur Ultra Dark Mode dan Ultra Night Selfie, kalian cukup ketuk tab mode Night. AI akan secara otomatis akan mendeteksi cahaya minim dan mengaktifkan fitur Ultra Dark Mode atau pun Ultra Night Selfie untuk hasil yang lebih terang.

Itu semua adalah fitur fotografi yang dimiliki sama si OPPO Reno5 ini, mulai dari main isolasi warna dengan dukungan AI, kemampuan menembak objek bergerak, menghasilkan foto resolusi besar, 64MP, 108MP, dan Night Mode.

Nantikan artikel selanjutnya yang akan membahas fitur baru videografinya.

Editor
Share
×
tekid
back to top