sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
Senin, 26 Jul 2021 15:49 WIB

Fitur Face Recognation Galaxy S10 5G eror usai pembaruan

Beberapa pengguna Galaxy S10 5G mengeluhkan jika fitur Face Recognation di perangkatnya eror setelah menginstal pembaruan perangkat lunak dari Samsung.

Fitur Face Recognation Galaxy S10 5G eror usai pembaruan
Credit: GSM Arena

Samsung telah menepati janjinya untuk meluncurkan pembaruan perangkat lunak pada smartphone Android-nya secara lebih teratur. Pembaruan perangkat lunak yang diberikan Samsung baru-baru ini, melibatkan patch keamanan terbaru dan perbaikan bug. Sayangnya, pembaruan perangkat lunak ini justru menambahkan bug baru ke smartphone, khususnya pada seri Galaxy S10 5G.

Dilansir dari SlashGear (26/7), terdapat keluhan dari para pengguna Galaxy S10 5G jika fitur Face Recognation (pengenalan muka) di perangkat mereka mengalami eror. Ini terjadi saat pengguna selesai melakukan pembaruan perangkat lunak yang baru saja dirilis Samsung bulan ini. Jadi menurut keluhan, fitur Face Recognition tiba-tiba berhenti berfungsi setelah menginstal pembaruan tersebut.

Seri Galaxy S10 terkenal sebagai smartphone Samsung pertama yang memiliki fitur pemindai sidik jari di bawah layar. Dan Galaxy S10 5G, terdapat peningkatan dengan memiliki sensor ToF 3D pertama dan sejauh ini, ToF 3D merupakan komponen satu-satunya dari Samsung untuk mendukung fitur pengenalan wajah. Komponen ini juga dimaksudkan sebagai jawaban Samsung untuk teknologi TrueDepth Face ID Apple.

Jadi cukup disayangkan ketika komponen unggulan itu mengalami eror karena pembaruan yang seharusnya bisa dihindari. Menurut pengguna di forum resmi Samsung, fitur Face Recognition Galaxy S10 5G berhenti berfungsi setelah pembaruan terbaru diinstal. Eror ini bukan dikarenakan kondisi pencahayaan, tapi kamera dengan fitur Face Recognation gagal mengautentikasi pengguna dengan benar dan akhirnya kunci layar smartphone gagal terbuka.

Sementara itu, seorang moderator forum mengakui laporan tersebut dan berjanji apabila perusahaan sedang menyelidiki masalah ini. Namun, saat ini tampaknya belum ada solusi apa pun untuk mengatasi Face Recognition yang eror. Bagi pengguna yang belum melakukan pembaruan, mereka sedikit diuntungkan karena dapat menahan terlebih dahulu untuk tidak melakukan penginstalan pembaruan perangkat lunak ini.

Dengan eror yang terjadi pada fitur khas Galaxy S10 5G dimana juga sempat terjadi di 2019, tidak mengherankan jika Samsung memutuskan untuk tidak menempatkan sensor ToF 3D di flagship berikutnya. Bug terbaru ini mungkin akan membuat lebih banyak pengguna tidak menyukai fitur Face Recognition ini.

Share
×
img
×
tekid
back to top