sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Selasa, 13 Des 2022 16:03 WIB

Fitur Community Notes Twitter mulai diluncurkan secara global

Twitter secara resmi meluncurkan fitur Community Notes. Elon Musk mengklaim fitur tersebut akan menjadi "gamechanger" bagi platform mereka.

Fitur Community Notes Twitter mulai diluncurkan secara global

Twitter telah merilis fitur Community Notes kepada semua penggunanya secara global. Fitur ini sebelumnya dikenal sebagai Birdwatch dimana pertama kali diluncurkan pada tahun 2021 di bawah mantan CEO Jack Dorsey.

Fitur ini dulu diciptakan sebagai sarana media sosial untuk memerangi kesalahan informasi atau salah penanggapan dari suatu komunikasi. Namun, ada sedikit perbedaan antara fitur tersebut dengan Community Notes.

Community Notes menggunakan pendekatan crowd-sourced (bersumber dari orang banyak) untuk menyanggah tweet yang menyesatkan. Moderator yang merupakan bagian dari program yang dapat menambahkan catatan pada tweet untuk menambahkan "konteks". 

Pemilik perusahaan saat ini Elon Musk, telah memposisikan fitur Catatan Komunitas sebagai elemen penting miliknya, untuk visi “Twitter 2.0”. Seperti halnya fitur yang bersumber dari banyak orang, Catatan Komunitas berpotensi menjadi bumerang jika grup menggunakan alat tersebut untuk mempromosikan pandangan partisan atau politik tertentu.

Fitur Community Notes secara resmi diluncurkan sebelum peluncuran ulang Twitter Blue. Kedepannya, Twitter akan lebih banyak meluncurkan fitur dan kebijakan baru untuk menunjang Twitter 2.0.

Share
×
tekid
back to top