sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
Senin, 13 Apr 2020 18:18 WIB

Fitur baru Google dapat hubungkan pasien dengan dokter secara virtual

Google meluncurkan fitur barunya di Google Search dan Google Maps yang dapat menghubungkan pasien dengan dokter melalui layanan perawatan virtual. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia di Amerika Serikat.

Fitur baru Google dapat hubungkan pasien dengan dokter secara virtual
Source: Pexels

Selama masa pandemi virus corona (Covid-19), beberapa layanan kesehatan mengurangi jumlah kunjungan orang. Hal ini untuk menghindari Covid-19 yang memiliki risiko penularan di rumah sakit cukup tinggi serta memfokuskan para petugas media hanya kepada pasien Covid-19. Orang-orang yang memiliki riwayat penyakit jadi sulit untuk berkonsultasi dengan dokter. Penggunaan platform telemedis dan perawatan virtual pun meningkat pada kondisi ini.

Guna membantu individu dan penyedia layanan kesehatan, Google meluncurkan dua fitur baru di Google Search dan Google Maps. Fitur tersebut akan menghubungkan dokter dengan pasien secara virtual melalui penawaran perawatan virtual yang ada di profil bisnis mereka. Misalnya, apabila pengguna mencari Hillview Hospital melalui Search maupun Maps, maka pada kolom overview akan muncul menu baru, yakni “Get online care” seperti gambar di bawah ini.

Tampilan fitur baru Google

Dengan menekan menu tersebut, pengguna akan dibawa ke laman penyedia layanan virtual dan menjadwalkan perawatan kesehatan virtual dengan penyedia. Fitur lainnya, Search akan memberikan informasi rumah sakit lebih luas. Apabila pengguna melakukan pencarian dengan kata “immidiate care”, maka akan ditampilkan opsi perawatan virtual yang tersedia dan informasi terkait harga yang dibebankan kepada pengunjung. Platform yang digunakan pada perawatan virtual ini berbeda-beda tergantung penyedia layanan.

Di samping itu, Google Cloud juga turut membantu. Google Cloud mendukung penyedia dengan infrastruktur teknologi dan solusi untuk membantu pengiriman dan operasi perawatan. Ini termasuk mengerahkan agen virtual menjawab pertanyaan terkait Covid-19, membantu perencanaan kapasitas dan perkiraan permintaan persediaan medis serta membantu dokter memantau pasien dari jarak jauh. Dalam hal tersebut, Google Cloud menggunakan produk G Suite yang sesuai dengan Health Insurance Portability and Accountability Act (HIPAA). HIPAA adalah undang-undang tentang asuransi kesehatan yang diamandemenkan oleh Presiden Amerika Serikat Bill Clinton pada 1996. Ya, ini mengartikan fitur-fitur Google di atas hanya tersedia untuk regional Amerika Serikat.

Tapi jangan khawatir, Anda juga bisa melakukan perawatan virtual di Indonesia melalui aplikasi-aplikasi kesehatan, seperti Halodoc yang sebelumnya telah Tek,id beritakan di sini.

Share
×
tekid
back to top