sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
Rabu, 16 Sep 2020 19:55 WIB

Fitur baru ColorOS 11 dan timeline rilisnya

Mengusung semangat “Make Life Flow”, ColorOS 11 menekankan pada pengalaman penggunaan antarmuka yang mulus.

Fitur baru ColorOS 11 dan timeline rilisnya

ColorOS atau lebih dikenal sebagai sistem operasi yang dikembangkan Oppo, baru saja mengenalkan versi baru yang disebut ColorOS 11. Sistem operasi yang dikembangkan bersama Android  ini, membawa banyak fitur esensial baru untuk pengalaman penggunaan smartphone yang semakin baik.

Mengusung semangat “Make Life Flow”, ColorOS 11 menekankan pada pengalaman penggunaan antarmuka yang mulus. Tak hanya itu, ColorOS 11 juga memberikan ruang personalisasi yang luas untuk penggunanya.

“ColorOS 11 sebenarnya punya ribuan fitur baru, namun saya hanya menjelaskan beberapa fitur yang paling menarik dan esensial. Utamanya adalah UI Customization atau fitur personalisasi yang mencakup Always on Display, tema, wallpaper, ringtone, dan ikon. ColorOS baru ini juga punya beberapa fitur yang bisa meningkatkan produktivitas penggunanya”, ujar Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia.

UI Customization

Salah satu hal yang ditawarkan Oppo pada sistem operasi terbarunya adalah membuat smartphone lebih personal. Disini pengguna bisa mempersonalisasikan banyak hal.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ColorOS 11 mendukung kustomisasi pola ikon pada fitur Always-On Display. Pengguna bisa membuat pola AOD semudah menggeser jari dengan pilihan pola yang tersedia. Pengguna kemudian juga dapat menampilkan informasi apa saja yang ingin ditampilkan pada menu AOD.

Selain membuat pola AOD lebih personal, pengguna ColorOS 11 juga dapat membuat wallpaper dengan mengandalkan algoritma khusus. Algoritma pada ColorOS 11 akan mengatur ulang serta menganalisis warna kemudian membuat menjadi beberapa pilihan wallpaper yang bisa dipakai.

Pengguna ColorOS 11 juga dapat membuat skema warna pada ikon sesuai dengan warna favorit pengguna. Pilihan warnanya bisa solid atau campuran. Ini membuat tampilan ikon pada menu jadi lebih interaktif dan segar.

Selain mendukung kustomisasi visual, ColorOS 11 juga menawarkan kustomisasi ringtone. Penguna bisa menggunakan fitur Ringtone Maker atau Oppo Lab untuk membuat ringtone dengan tempo dan genre tertentu. Ketika sudah selesai, kalian bisa menyimpannya dan menggunakannya sebagai ringtone pribadi.

Bagi pengguna muda yang suka fitur dinamis, ColorOS 11 bisa membuat bunyi notifikasi jadi berirama. Hal ini akan membuat rentetan notifikasi yang masuk akan terdengar lebih menyenangkan.

Jika kalian sudah familiar dengan Oppo Relax, ada tambahan baru yang cukup menarik. Jika sebelumnya fitur ini disiapkan untuk membuat relax dengan suara-suara gemericik air, lantunan musik yang tenang, sampai merepresentasikan suasana hening pada kelas, kini pengguna disuguhkan dengan Music City.

Tim ColorOS merekam suara keramaian beberapa kota besar di dunia seperti Tokyo, Bangkok, dan Reyjavik, kemudian mengubahnya menjadi soundscapes yang menyenangkan dalam proyek Sound of Cities. Fitur ini bisa jadi solusi untuk pengguna yang ingin berganti dari alunan-alunan menenangkan dan mulai berkelana dan menjelajahi kota dari suara.

Dari sisi utilitas, ColorOS 11 memiliki kemampuan untuk menerjemahkan potongan area yang dipilih. Fitur ini bernama 3-Finger Translate yang didukung oleh Google Lens.

3-Finger Translate

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan teks di aplikasi, halaman web, dan gambar ke pilihan bahasa yang dipilih. Caranya juga cukup mudah, pengguna hanya perlu menangkap sebagian area pada layar menggunakan sapuan tiga jari, kemudian buka Google Terjemahan atau mengaktifkan Google Translate melalui Smart Sidebar.

Belakangan ini mode gelap sempat menjadi salah satu fitur yang cukup dinanti oleh pengguna smartphone. Baik untuk tampilan antarmuka smartphone juga aplikasi pihak ketiga. Di ColorOS 7, Oppo sudah menawarkan hal tersebut, termasuk membuat aplikasi pihak ketiga yang bahkan belum mendukung mode gelap.

Pada ColorOS 11, Oppo menghadirkan pilihan mode gelap. Kini ada tiga pilihan mode gelap yang bisa pengguna terapkan. Ketiga mode ini menawarkan tiga skema warna dengan tingkat kontras yang berbeda. Mode ini juga bisa dikonfigurasi kapan akan mulai aktif dan mati secara otomatis.

Saat ini baru beberapa perangkat yang bisa merasakan versi beta dari ColorOS 11 ini. Beberapa seri pertama yang mendapatkan kesempatan pertama adalah seri Find X2 yang sudah bisa diunduh mulai 14 September 2020. Sementara untuk varian lainnya, akan digulirkan secara berkala. Dimana varian Reno3 akan mendapat kesempatan mencoba versi beta ini mulai tanggal 30 September. Berikut jadwal lengkapnya.

Timeline ColorOS 11

Share
×
tekid
back to top