sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Kamis, 16 Jun 2022 15:05 WIB

Fitur Assistive Ball, kegunaan dan cara mengaktifkannya

Fitur Assistive Ball menawarkan kemudahan pengguna agar lebih leluasa mengoperasikan smartphone menggunakan satu tangan.

Fitur Assistive Ball, kegunaan dan cara mengaktifkannya

Beberapa produsen smartphone membekali jajaran smartphonenya dengan berbagai fitur untuk kemudahan dalam penggunaan sehari-hari. Salah satu fitur itu adalah Assistive Ball. Tak hanya terdapat pada jajaran smartphone menengah ke atas, fitur Assistive Ball juga bisa Anda temukan pada seri entry level, OPPO A16K misalnya.

Fitur ini berupa bulatan putih pada layar yang bisa digeser-geser posisinya. Menawarkan kemudahan pengguna agar lebih leluasa mengoperasikan smartphone menggunakan satu tangan. Misalnya melakukan screen shoot atau membuka pusat notifikasi.

Assistive Ball pada OPPO A16K memiliki dua mode operasi, Gesture operations dan Tap menu. Pada opsi Gesture operations, secara default jika Assistive Ball di tap sekali maka akan kembali ke menu sebelumnya, Double-tap untuk menampilkan Recent Apps, Touch and hold untuk kembali ke Home Screen. Namun, Anda bisa mengubahnya dengan memilih menu pada opsi yang diinginkan.

Sementara pada Tap menu agak berbeda. Ketika Assistive Ball ditekan maka akan keluar 5 pilihan menu perintah. Secara bawaan, lima perintah tersebut terdiri dari Go back, Take a screenshot, Recent tasks, Lock phone screen, dan Home screen. Sama seperti Gesture operations, Anda bisa mengubah perintah pada menu tampilannya.

Anda juga bisa mengatur tingkat ketebalan Assistive Ball atau dibuat agak blur dengan mengatur opacitynya.

Untuk mengaktifkan fitur Assistive Ball, Anda bisa membuka menu Settings, kemudian pilih menu Convinience tools dan Assistive Ball. Aktifkan toggle dan Assistive Ball akan muncul di layar Anda. Pilih mode operasi yang paling cocok dengan referensi Anda, berikut perintahnya.

Selamat mencoba!

Tag
Editor
Share
×
tekid
back to top