sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
Sabtu, 16 Mei 2020 09:30 WIB

Facebook akuisisi GIPHY dengan mahar Rp5,9 triliun

Walaupun telah diakuisisi Facebook dengan nilai Rp5,9 T, GIPHY dan pengguna masih dapat beroperasi seperti biasanya untuk saat ini.

Facebook akuisisi GIPHY dengan mahar Rp5,9 triliun
Source: Facebook

Facebook dikabarkan telah mengakuisisi GIPHY dengan menggelontorkan dana USD400 juta atau sekitar Rp5,9 triliun. Facebook mengumumkan, bahwa konten GIPHY akan segera diintegrasikan lebih jauh ke aplikasi Instagram dan aplikasi lain milik perusahaan.

“Kami melihat positifnya cara orang menggunakan GIPHY dalam produk kami belakangan ini, dan kami tahu bahwa menyatukan kreativitas dan bakat tim GIPHY dengan kami hanya akan mempercepat cara orang menggunakan komunikasi visual untuk terhubung satu sama lain,” kata Facebook dilansir dari Digital Trends (16/5).

Hadir pada tahun 2013, GIPHY awalnya hanya bekerja sebagai mesin pencarian GIF. Seiring waktu, layanannya diperluas untuk meng-host video loop pendek, dengan mesin pencari yang memungkinkan orang untuk menemukan klip yang relevan berdasarkan topik yang ditandai. Sebelum terintegrasi dengan Twitter, Facebook lebih dulu terintegrasi dengan GIPHY.

Dua tahun selanjutnya, GIPHY meluncurkan alat untuk membuat GIF. Ia juga meluncurkan GIPHY Cam untuk mengambil klip pendek dan mengubahnya menjadi animasi yang di-hosting oleh situs. Awalnya layanan ini hanya tersedia untuk iOS, lalu pada 2016 diperbarui dengan versi Android.

Nasib GIPHY setelah diakuisisi

GIPHY dan penggunanya akan terus beroperasi seperti biasa untuk saat ini. Perpustakaan GIF yang ada akan terus beroperasi, dan orang-orang masih dapat mengunggah GIF mereka sendiri untuk dibagikan. Pengembang dan mitra API yang menggunakan API GIPHY saat ini untuk mengintegrasikan pencarian ke dalam aplikasi dan layanan mereka - seperti yang dilakukan Twitter untuk GIF dalam tweet - masih memiliki akses yang sama pula.

"Kami telah banyak bersenang-senang bekerja sama dengan Instagram selama bertahun-tahun," kata GIPHY. "Stiker GIPHY sangat pas untuk dipasang di Stories Instagram, sementara pencarian GIF kami memungkinkan semua orang untuk menggunakan itu di DM Instagram. Berdasarkan keberhasilan kolaborasi tersebut (dan banyak lainnya) kita tahu bahwa ada masa-masa yang mengasyikkan di depan kita.”

Sejauh ini, Facebook belum mengungkapkan isi kesepakatan dari akuisisi GIPHY. Belum diketahui pula dengan jelas kapan integrasi baru ini akan muncul di Instagram.

Share
back to top