sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Selasa, 19 Sep 2023 12:02 WIB

Bukan aplikasi gratis, Elon Musk bakal buat Twitter/X berbayar

Elon Musk berencana untuk membuat Twitter/X menjadi platform yang berbayar, tidak ada opsi gratis, dalam rangka memerangi akun bot.

Bukan aplikasi gratis, Elon Musk bakal buat Twitter/X berbayar
Source: Mashable

Pemilik Twitter/X, Elon Musk, kembali membuat gagasan untuk jejaring sosialnya. Dalam wawancara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Musk mengatakan akan mengubah Twitter/X menjadi platform berbayar, di mana setiap orang harus membayar langganan apabila ingin mengakses aplikasi.

Laporan yang dilansir dari TechCrunch (19/9) mengklaim bahwa Musk menyarankan perubahan ini untuk mengatasi masalah bot di platform. Menurut Musk, ini adalah satu-satunya cara untuk memerangi pasukan bot dalam jumlah besar, yang memerlukan biaya besar.

Miliarder yang juga pemilik perusahaan mobil listrik Tesla itu tidak mengatakan bereapa harga yang akan dipatok untuk berlangganan Twitter/X, namun menggambarkannya sebagai "sejumlah kecil uang."

Selama percakapan, Musk juga membagikan metrik baru untuk X, mencatat bahwa situs tersebut kini memiliki 550 juta pengguna bulanan, yang menghasilkan 100 hingga 200 juta postingan setiap hari.

Namun, tidak diketahui apakah jumlah tersebut juga menghitung akun spam atau akun bot. Jika dibandingkan dengan era sebelum Musk, perusahaan menggunakan metrik khusus yang disebut “rata-rata pengguna aktif harian yang dapat dimonetisasi,” atau mDAU, dalam menghitung penggunanya. 

Metrik lama ini menunjukkan pengguna di Twitter yang dapat dimonetisasi dengan melihat iklannya. Selama pendapatan publik terakhirnya pada Q1 2022, Twitter memiliki 229 juta mDAU.

Sejauh ini belum ada informasi kapan Musk akan memperluas rencananya, mengenakan biaya untuk Twitter/X. Namun sejak dia mengambil alih platform tersebut tahun lalu, perusahaan telah mendorong penggunanya untuk merogoh kocek mereka.

Lebih dulu, Musk menerapkan langganan berbayar X Premium atau yang sebelumnya disebut Twitter Blue. Layanan berlangganan USD8 per bulan atau USD84 per tahun ini menawarkan berbagai fitur seperti kemampuan untuk mengedit postingan, menghilangkan iklan, peringkat prioritas dalam pencarian dan percakapan, kemampuan untuk menulis postingan yang lebih panjang, dan banyak lagi.

Share
×
tekid
back to top