sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Sabtu, 06 Jan 2018 12:00 WIB

Edward Snowden ikut tanggapi soal Meltdown dan Spectre

Mantan agen CIA Edward Snowden baru-baru ini menanggapi masalah pada celah keamanan Meltdown dan Spectre yang menjadi bahan perbincangan dun

Mantan agen CIA Edward Snowden baru-baru ini menanggapi masalah pada celah keamanan Meltdown dan Spectre yang menjadi bahan perbincangan dunia IT saat ini. Snowden yang juga merupakan pakar IT mengatakan celah keamanan tersebut sangat berbahaya. Melalui akun Twitter pribadinya ia bahkan menyarankan pengguna komputer agar langsung memasang patch dari penyedia sistem operasi dan hardware jika sudah tersedia.

"Kalau komputer Anda meminta untuk memasang update bulan ini, jangan klik tidak," tulis Snowden.

You may have heard about @Intel's horrific #Meltdown bug. But have you watched it in action? When your computer asks you to apply updates this month, don't click "not now." (via https://t.co/J84n79LRIA & @misc0110) pic.twitter.com/cWEiZWZdcJ — Edward Snowden (@Snowden) January 4, 2018

Meltdown dan Spectre tampil bak momok menakutkan bagi pelaku IT saat ini. Keduanya bekerja menggunakan metode yang serupa, yaitu membaca memori cache di CPU dan meori kernel di sistem operasi. Kemampuan tersebut bisa dimanfaatkan hacker untuk membaca setiap aktivitas pengguna komputer.

Celah keamanan Meltdown dan Spectre bisa digunakan untuk banyak hal mulai dari program yang dibuka hingga membaca password yang sedang diketik. Perbedaan keduanya hanya pada jenis perangkatnya. Celah keamanan Meltdown diketahui hanya terdapat di komputer dengan prosesor Intel. Sementara Spectre diketahui bisa juga dijalankan di komputer berbasis AMD dan ARM.

Share
×
tekid
back to top