sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Kamis, 24 Nov 2022 09:39 WIB

DJI luncurkan drone Mavic 3M untuk bantu petani merawat tanaman

Drone DJI 3M terbaru sangat cocok digunakan untuk survei udara presisi tinggi, pemantauan pertumbuhan tanaman, survei sumber daya alam, dan aplikasi terhubung lainnya.

DJI luncurkan drone Mavic 3M untuk bantu petani merawat tanaman

Saat ini terdapat sejumlah drone DJI dari jajaran Mavic 3 yang ditujukan untuk penggunaan berbeda. Seri itu termasuk Mavic 3, Mavic 3 Cine, Mavic 3 Enterprise, dan Mavic 3 Classic, dimana ditujukan untuk pelanggan konvensional.

Kali ini, mereka menambah jajaran Mavic 3 dengan meluncurkan Mavic 3M dengan kemampuan pencitraan multispektral. Drone baru ini mampu menangkap informasi detail pertumbuhan tanaman dan merupakan drone yang cocok untuk tujuan pertanian presisi.

Mavic 3M adalah drone konsumen flagship dari DJI. Beratnya 0,95 kg dan cukup ringkas untuk dilipat serta disimpan di dalam tas agar dapat langsung digunakan kapan saja dan dimana saja. Drone baru ini memiliki masa pakai baterai 43 menit yang berarti dapat menjangkau hingga 2 km persegi dengan muatan penuh.

Dilansir dari Gizmochina (24/11), DJI Mavic 3M menggunakan sistem kamera 2-in-1 untuk mengumpulkan informasi penting yang dapat berdampak positif terhadap operasi petani. Sistem kamera itu terdiri dari kamera RGB dengan CMOS 4/3 inci dan sensor gambar 20 MP.

Kamera tersebut memiliki shutter mekanik dengan kecepatan maksimum 1/2.000. Ada juga kamera multispektral empat lensa dengan kemampuan sensor gambar yang sangat baik. Ini memberikan pandangan yang lebih detail tentang kondisi tanaman lebih baik daripada yang dapat diamati oleh mata manusia.

DJI Mavic 3M sangat cocok untuk survei udara presisi tinggi, pemantauan pertumbuhan tanaman, survei sumber daya alam, dan aplikasi terhubung lainnya. Drone ini memiliki aplikasi pendamping yang menghadirkan fitur tambahan seperti pengintaian lapangan otomatis untuk mendeteksi ketidaknormalan tanaman. Mavic 3M cukup serbaguna dan satu drone dapat digunakan untuk memantau hingga 70 hektar lahan. Perangkat ini menyertakan modul RTK untuk pemosisian yang akurat.

Menurut DJI, peluncuran Mavic 3M akan membantu para petani untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi produksi mereka, mengurangi biaya, dan umumnya mendorong pengembangan pertanian modern. Kamera dan modul RTK dari drone tersebut disinkronkan untuk mendapatkan posisi pencitraan secara akurat dan tidak memerlukan titik kontrol darat saat melakukan survei. Mavic 3M juga dilengkapi transmisi video O3 dengan jarak transmisi hingga 15 km.

Model seri Mavic 3 terbaru itu dilengkapi dengan sensor rintangan segala arah untuk penerbangan bebas hambatan. DJI belum mengumumkan harga Mavic 3M, tetapi mengisyaratkan bahwa drone ini akan terbatas pada negara tertentu.

Share
×
tekid
back to top