Computex 2019

Di Computex, Qnap perkenalkan jajaran solusi hardware baru

Pihak Qnap mengatakan, beberapa perangkat hardware yang mereka pajang di ajang Computex 2019 merupakan barang yang sudah ada di pasaran dan sebagian lagi akan meluncur September mendatang.

Ajang Computex 2019 diresmikan oleh banyak vendor asal Taiwan yang memperkenalkan produk terbaru mereka. Salah satunya adalah Qnap, yang juga memiliki banyak produk solusi jaringan dan NAS baru.

Pertama ada solusi jaringan berupa Network Switch. Ada dua produk baru yang diperkenalkan. Keduanya adalah QSW-308-1C dan QSW-308S.

Uniknya dari kedua perangkat ini adalah disematkannya power plug yang dapat berputar. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir perangkat Network Switch mereka berantakan karena kabel yang mengganggu. Tak ketinggalan, power plug ini juga sangat mudah untuk di copot dan pasang.

Selain itu, pengguna akan mendapatkan total 8 port RJ45 networking. Beda dari kedua perangkat ini adalah untuk model QSW-308S akan mendapatkan total 3 port SFP+ untuk koneksi 10 Gigabit. Sedangkan untuk model QSW-308-1C akan mendapatkan 2 port SFP+ dan pilihan satu port SFP+ atau RJ45 untuk koneksi 10 Gigabit.

QNAP-QSW-308-1C Computex 2019

Ada juga solusi konverter dari M.2 ke 2,5 inci. Qnap memiliki total dua konverter M.2 ke 2,5 inci yakni QDA-U2MP dan QDA-A2MAR.

Untuk model QDA-2UMP memiliki dua slot M.2. sayang, untuk yang model ini tidak memiliki dukungan RAID. Konektornya pun tidak menggunakan konektor SATA III, melainkan menggunakan konektor U.2 untuk terkoneksi ke perangkat lain.

QNAP-U2MP di Computex 2019

Sedangkan untuk seri QDA-A2MAR juga akan mendapatkan dua slot SSD M.2. Bedanya adalah, seri ini sudah memiliki dukungan RAID. Konektor nya pun lebih standar, yakni menggunakan konektor SATA III.

Ada juga QDA-A2R. Nah, khusus untuk produk ini, pengguna dapat menyematkan dua SSD sekaligus di sebuah enclosure HDD 3,5 inci. Seperti seri QDA-A2MAR, seri ini juga memiliki dukungan RAID dan dapat dikontrol secara fisik.

QNAP QDA-A2MAR Computex 2019

Bagi Anda yang memiliki laptop tanpa ada port koneksi jaringan kabel, Qnap juga memiliki solusinya. Mereka memiliki QNA-UC5G1T dan QDA-U2MP. Kedua perangkat ini akan membuat hidup Anda lebih mudah.

Untuk terkoneksi, keduanya membutuhkan koneksi USB Type C, dan keduanya memiliki konektor RJ45. Bedanya, model QNA-UC5G1T memiliki kecepatan maksimal 5 Gig dan model QDA-U2MP memiliki kecepatan maksimal 10 Gig.

Untuk NAS, sebenarnya tidak ada barang yang terlalu baru. Namun, ada satu produk yang sangat menarik perhatian saya, yakni seri TS-677. Di Indonesia, perangkat NAS ini masih belum dijual. Mengapa unik? Pasalnya, NAS tersebut menggunakan prosesor milik AMD, tepatnya menggunakan Ryzen 5 1600. Yang lebih unik, NAS ini memiliki satu slot PCIe khusus untuk disematkan sebuah GPU. Seri TS-677 memang ditujukan untuk sebuah NAS server multimedia.

QNAP TS-677 Computex 2019

Pengguna dapat melakukan dumping data ke dalam NAS tersebut, dan melalui sistem khusus file tersebut nantinya akan diproses. Hasilnya dapat diakses langsung oleh para pengguna.

Soal penyimpanan, NAS ini juga memiliki total enam slot penyimpanan, di mana dua di antaranya adalah SSD dan empat di antaranya adalah slot penyimpanan HDD.

Soal ketersediaan, pihak Qnap mengaku bahwa beberapa diantara produk ini sudah ada di pasaran, sedangkan sebagian besar lainnya akan ada di pasaran mulai September mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
NAS Qnap
Editor :
Tek ID