sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
Senin, 24 Feb 2020 12:02 WIB

Di Android 11, panel Quick Setting akan lebih berwarna

Android 11 kembali dilaporkan membawa fitur baru. Kali ini, toggle di panel Quick Setting dapat dibuat lebih berwarna ketimbang sistem operasi sebelumnya.

Di Android 11, panel Quick Setting akan lebih berwarna
Source: XDA Developers

Google baru saja merlis Android 11 Developer Preview beberapa hari lalu. Fitur-fitur baru mulai dibagikan oleh pengguna Pixel dari sistem operasi ini. Sebelumnya diketahui bahwa Android 11 menawarkan fitur baru, mulai dari gelembung pesan hingga koneksi Bluetooth yang tidak terputus meski masuk mode Airplane. 

Tidak hanya itu, sistem operasi baru ini juga dilaporkan membawa fitur gestur baru untuk smartphone Pixel. Kabarnya, pengguna Pixel nantinya akan dapat mengetuk bagian belakang smartphone tersebut untuk menjalankan beberapa fungsi. Ini hanya mungkin jika smartphone itu sudah menjalankan Android 11. 

Fitur baru kembali terkuak di sistem operasi ini. XDADevelopers (24/2), sistem operasi ini hadir dengan kelas “QSColorController” di SystemUI. Kelas ini akan berguna untuk menambahkan warna pada toggle di panel Quick Settings smartphone Pixel. Dari sini pengguna dapat mengubah warna pada setiap toggle di panel Quick Setting. 

Source: XDA Developers

Percobaan yang dilakukan XDADevelopers menunjukkan ada empat warna yang dapat diterapkan di panel Quick Setting tersebut, yakni biru, merah, kuning dan hijau. Sampai saat ini, baru empat warna yang tersedia. Namun Google diprediksi akan memberikan varian warna lebih banyak lagi. Fungsi toogle itu sendiri tidak mengalami perubahan, hanya tampilan warnanya saja yang berubah. 

Untuk dapat melakukan itu, diperlukan akses ke debug commands. Di versi standar, toggle notifikasi itu seharusnya menyala dengan warna biru. Namun dengan sistem operasi terbaru tersebut, warna toggle dapat diubah sesuai dengan variasi empat warna yang diberikan Google. 

Sejauh ini belum diketahui apa tujuan Google menyertakan fitur ini di Android 11. Ada kemungkinan bahwa raksasa teknologi ini akan memperluas aplikasi Pixel Themes dengan fitur ini. Ada kemungkinan pula bahwa Google akan memungkinkan para pengembang untuk mengatur warna sendiri. 

Sejauh ini belum diketahui kapan Google akan meluncurkan Android 11. Namun jika melihat waktu peluncuran sistem operasi pada beberapa generasi sebelumnya, ada kemungkinan Google akan meluncurkan OS android ini sekitar kuartal ketiga atau keempat tahun ini. Tetapi jika melihat waktu peluncuran Developer Preview yang lebih cepat dari biasanya, kemungkinan raksasa teknologi ini akan melakukan peluncuran yang lebih cepat pula untuk peluncuran publiknya.

Share
back to top