sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
Selasa, 05 Mei 2020 15:59 WIB

Data Grab tunjukkan perubahan kebiasaan masyarakat Indonesia

Grab menghimpun data dari layanan-layanannya yang menunjukkan perubahan kebiasaan masyarakat Indonesia di berbagai aspek.

Data Grab tunjukkan perubahan kebiasaan masyarakat Indonesia
Source: Grabc

Pandemi virus corona telah mengubah lini kehidupan masyarakat, khususnya di daerah zona merah terpapar virus. Perubahan kebiasaan dan gaya hidup ini telah dihimpun oleh layanan-layanan Grab ke dalam sebuah data yang menunjukkan perubahan kebiasaan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan, di antaranya lalu lintas, belanja, makanan, dan komunitas.

Dapat dilihat pada gambar di bawah, kondisi jalanan di Jakarta tampak lenggang. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh pelaksanaan pembatasan sosial skala besar (PSBB) yang diperpanjang hingga 22 Mei mendatang.

kondisi jalanan Jakarta yang lenggang

Grab juga mencatat terjadinya peningkatan pada aspek belanja melalui layanan-layanan yang ditawarkannya. Pada Maret 2020, jumlah pesanan GrabExpress meningkat 21,5% apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Titik pengantaran barang di bulan Maret paling banyak berada di area perumahan (41,5%), dilanjut dengan fasilitas kesehatan (13,6%), dan Bank (12%). Sebelumnya, data ini didominasi pada area perkantoran.

Selain itu, layanan GrabMart juga meningkat di bulan Maret sebesar 22%. Selama pandemi, pelaku usaha mengandalkan platform digital dan melakukan digitalisasi bisnis untuk bertahan. Grab juga meluncurkan Program Dukungan Merchant untuk membantu mereka mempromosikan bisnis, memberikan diskon spesial, dan memasukkannya pada kategori khusus untuk UMKM. Program ini juga memberikan keringanan biaya operasional, di mana terdapat cashback untuk bahan makanan dasar dan potongan harga untuk kemasan makanan.

Bicara soal makanan, GrabFood juga mengalami kenaikan, terdapat kenaikan transaksi GrabFood sebesar 4% dan kenaikan jumlah makanan yang dipesan dalam sekali pemesanan (basket size) sekitar 7%. Jika biasanya masyarakat menggunakan GrabFood hanya untuk membeli cemilan, kini mereka cenderung membeli makanan pokok juga. Ini terlihat pada naiknya persentase produk tersebut sebesar 9,4%. Sementara itu, pesanan makanan sehat juga meningkat 7,4% di Indonesia. Adapun menu makanan tiga teratas yang paling laris di GrabFood adalah ayam goreng, es kopi, dan aneka mie.

Pada aspek komunitas, Grab mengklaim rata-rata besaran tip untuk pesanan GrabFood meningkat sebesar 63% dibandingkan bulan sebelumnya. Jumlah pesanan yang diberikan tip pun juga meningkat 38%. Ini menunjukkan, kebaikan hati masyarakat Indonesia yang tidak hanya sering memberi tip, namun juga memberikan nominal tip yang lebih besar.

“KitaVSCorona. Sejak awal pandemi COVID-19 memasuki Indonesia, misi GrabForGood untuk memastikan bahwa kami dapat memanfaatkan teknologi untuk kebaikan terus kami jalankan. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada para mitra Grab yang terus bekerja untuk memastikan roda perekonomian di Indonesia terus bergerak. Juga kami ingin berterima kasih bagi pelanggan Grab yang terus memercayai kami untuk terus melayani setiap hari. Mari bersama melewati ini semua,” kata Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia.

Share
×
tekid
back to top