sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
Kamis, 16 Apr 2020 19:18 WIB

Covid-19 berdampak signifikan bagi eCommerce

Perusahaan Criteo S.A telah mengumumkan hasil penelitian terkait analisis dampak Covid-19 terhadap industri eCommerce. 

Covid-19 berdampak signifikan bagi eCommerce
Source: Pexels

Perusahaan Criteo S.A telah mengumumkan hasil penelitian mereka mengenai analisis dampak Covid-19 terhadap industri eCommerce. Data menunjukkan bahwa sekitar setengah dari semua negara di dunia mengalami peningkatan dalam angka penjualan online. Ini kemungkinan berasal dari pergeseran perilaku pembeli karena konsumen melakukan social distancing

Dengan bulan Ramadan yang akan dimulai dari 23 April hingga 23 Mei tahun ini, lonjakan pembelian eCommerce diperkirakan juga akan meningkat lebih tinggi. Hal ini karena umat Muslim akan mencari kebutuhan secara online untuk mempersiapkan perayaan di tengah-tengah pembatasan sosial yang akan berlaku hingga waktu yang belum ditentukan, dengan adanya kemungkinan untuk diperpanjang sampai setelah Ramadan. Semua hal ini membuat marketer perlu menyesuaikan kampanye mereka dengan pola interaksi pembeli dengan pelaku bisnis dan satu sama lain. 

“Traffic web harian melonjak lebih dari 50% secara global. Perdagangan online sekarang telah menjadi esensial untuk konsumen Asia Pasifik ketika mereka berpindah ke platform online – baik bekerja dari rumah atau menghabiskan waktu luang, karena pandemi kesehatan global. Kami juga menyadari tren ini di Indonesia. Kami memperkirakan hal ini akan tetap berlanjut, terutama selama bulan Ramadan di mana lebih banyak orang yang diharapkan untuk beralih ke belanja online dalam rangka persiapan memasuki momen keagamaan ini. Brand dan pemain ritel sekarang dihadapkan dengan tantangan baru  dalam membantu pembeli mempertahankan tradisi mereka dan juga meyakinkan, serta membuktikan bahwa kesinambungan bisnis terjaga di saat yang sama," kata Director of Account Strategy Criteo for Large Customers, SEA, Hong Kong and Taiwan, Pauline Lemaire.

Berikut tren di sekitar Ramadan selama beberapa tahun sebelumnya di Asia Tenggara: 

Di Indonesia dan Malaysia, peningkatan penjualan mencapai puncaknya pada minggu ketiga untuk 2018 dan 2019. Pada tahun lalu, Malaysia dan Indonesia khususnya, melihat traksi yang lebih besar dengan kenaikan 106%, dibandingkan dengan peningkatan 90% pada 2018.

Peningkatan penjualan eCommerce

Khusus untuk Indonesia, trafik harian yang dicatat dalam indeks dan penjualan untuk ritel online mengalami peningkatan sebesar 115% pada 2019 dibandingkan dengan 2018, yang mencatat peningkatan sebesar 44%. 

Peningkatan penjualan eCommerce

Pembeli juga lebih aktif seminggu sebelum Ramadan dan minggu pertama Ramadan pada 2019, bila dibandingkan dengan 2018. Ini menunjukkan perubahan dalam perilaku konsumen – peningkatan pembelian di menit terakhir tepat sebelum dimulainya bulan ibadah ini. Mengingat lonjakan transaksi online tahun ini yang diproyeksikan karena adanya Covid-19, pemain eCommerce harus bersiap untuk lonjakan penjualan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Penjualan ritel online di Asia Tenggara juga mengalami peningkatan yang lebih tinggi tahun ini dibandingkan tahun 2019, dengan peningkatan penjualan tertinggi terlihat pada minggu 23 Maret sebesar 82%. Sementara jumlah ini diperkirakan akan meningkat dengan momen Ramadan yang akan datang, pembeli akan lebih memprioritaskan kebutuhan untuk ekonomi social distancing, lebih dari sekedar kegiatan keagamaan.

Peningkatan penjualan eCommerce

Data belanja Ramadan sebelumnya dari Criteo telah menunjukkan bahwa kategori produk teratas biasanya adalah Pakaian, Kesehatan dan Kecantikan, Elektronik, Mainan dan Game serta produk Rumah Tangga. Tren belanja saat pandemi memang sedikit mencerminkan apa yang terlihat selama bulan Ramadan, terutama dalam kategori produk. Pakaian menjadi segmen populer selama periode ini. Sepatu, pakaian luaran dan celana telah muncul sebagai kategori teratas dengan peningkatan penjualan online masing-masing sebesar 55%, 3%, dan 2%.

Peningkatan penjualan eCommerce

Demikian pula, produk Kesehatan & Kecantikan juga mengalami peningkatan penjualan, seperti yang diwakili oleh kosmetik dan produk rias, yang telah meningkatkan penjualan online sebesar 58%.

Peningkatan penjualan eCommerce

Data Ramadan Criteo turut mengungkap bahwa aktivitas ritel online dari Malaysia dan Indonesia selama Ramadan 2019 melonjak pada jam 3 pagi setiap hari. Artinya pembeli mulai menelusuri pembelian mereka ketika mereka bangun untuk mempersiapkan hari. Pada jam 4 pagi, penjualan ritel di bulan Ramadan lebih tinggi 3,5x lipat dibandingkan rata-rata harian. Ada penurunan penjualan yang signifikan pada jam 6 sore ketika pembeli Muslim menyiapkan buka puasa.

 

Peningkatan penjualan eCommerce

Bahkan ketika penjualan di perangkat desktop terus menyumbang lebih dari 80% dari semua penjualan ritel, pembelian di perangkat mobile menawarkan kenyamanan kepada konsumen untuk berbelanja di genggaman mereka. Penggunaan ponsel meningkat selama bulan Ramadan karena konsumen menggunakan aplikasi keagamaan online untuk salat, layanan pengiriman bahan makanan serta makanan jadi, aplikasi hiburan, dan komunikasi. Diketahui pangsa seluler mingguan dalam penjualan melonjak menjadi 39% selama Idul Fitri tahun lalu.

Ini semakin menyebabkan peningkatan penjualan dalam perangkat aplikasi mobile. Pada tahun 2019, penjualan dalam perangkat aplikasi mobile tumbuh hingga 83%, menunjukkan bahwa konsumen mungkin tergerak untuk membeli lebih banyak melalui aplikasi mobile karena perangkat tersebut memberikan pengalaman belanja yang mudah dan nyaman.

Share
back to top