Mencoba Asus ExpertBook B9440, laptop bisnis 14 inci teringan di dunia

Asus mengklaim seri ExpertBook sangat cocok untuk solusi bisnis lantaran mereka mengaku sudah sejak lama menggeluti industri PC maupun laptop.

Mencoba Asus ExpertBook B9440, laptop bisnis 14 inci teringan di dunia

Laptop Asus memiliki memiliki segmen untuk penggunaan konsumen kasual dan gamer lewat lini Republic of Gamers (ROG). Seakan ingin selalu menghadirkan kebutuhan konsumen di segala kalangan, pabrikan yang berbasis di Taiwan ini, Kamis (29/8), mengenalkan perangkat laptop khusus untuk kebutuhan bisnis lewat seri ExpertBook di Indonesia. Sebenarnya model ini merupakan Asus Pro yang sekarang berubah namanya.

“Kami serius menghadirkan laptop dan PC untuk kebutuhan konsumen dan gaming. Selanjutnya adalah menghadirkan PC dan laptop komersial. Dengan demikian Asus memiliki industri PC dan laptop segmen lengkap di Indonesia,” kata Regional Director, Asus Southeast Asia, Jimmy Lin.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

HP perkenalkan laptop Project Athena pertama, Elite Dragonfly

Surface Laptop 3 15 inci akan hadir dengan prosesor AMD

Microsoft patenkan teknologi engsel baru


“Model Asus Pro sudah dikenal lama, kini menjadi Asus ExpertBook untuk keperluan bisnis,” kata Jimmy lagi.

Asus mengklaim seri ExpertBook sangat cocok untuk solusi bisnis lantaran mereka mengaku dikenal sejak lama dalam industri PC maupun laptop. Mereka juga menyatakan telah menjadi salah satu pabrikan yang paling terkenal di negara asalnya, Taiwan. Tidak hanya berhenti di situ, Asus menjelaskan mereka tidak sekadar ikut-ikutan main di kancah untuk segmen bisnis, mengingat perangkat yang ditawarkannya memiliki spesifikasi teknis sangat andal.

Tentu saja, perangkat dengan spesifikasi andal bukan hanya menjadi kunci utama dalam laptop seri ExpertBook. Seri ini juga memiliki desain yang menarik perhatian lantaran dirancang menggunakan bezel tipis sehingga laptop berlayar 14 inci seolah-olah seperti 12 inci. Asus ExpertBook juga menggunakan bahan magnesium agar menjadikannya tahan terhadap situasi yang kurang menguntingkan.

“Asus ExpertBook memiliki common size, yaitu 14 inci. Namun karena bezel yang dimilikinya sangat tipis, maka ExpertBook terlihat seperti laptop ukuran 12 inci. Engsel yang dimilikinya dilengkapi dengan bahan besi. Bodinya menggunakan magnesium alloy agar mampu mencegah korosi tinggi dan mampu menghilangkan hawa panas secara optimal,” kata Product manager Asus Indonesia, Commercial, Yulianto Hasan.

Beberapa laptop seri ExpertBook yang diperkenalkan hari ini adalah Asus ExpertBook seri B9 yang diklaim menjadi laptop bisnis 14 inci paling ringan di dunia. Kemudian ada ExpertBook seri P5 yang digadang-gadang menjadi laptop bisnis 14 inci dengan penyimpanan ganda teringan di dunia, seri P3 yang menjanjikan daya tahan baterai 16 jam, dan yang terakhir adalah seri P1 yang diinformasikan menjadi laptop bisnis 14 inci dengan ODD.

Laptop seri ExpertBook yang menjadi primadona saat acara peluncuran ini adalah model B9440. Tidak ketinggalan saya menjajalnya sebentar. Sebelumnya saya ingin menjelaskan spesifikasi B9440 yang saya coba menggunakan prosesor Intel Core i7 8565U serta berjalan di atas sistem operasi Windows 10 Pro. Penyimpanan yang diembannya adalah tipe SSD 1 TB dengan RAM 16 GB.

Seperti klaimnya, ExpertBook B9440 memang terlihat layaknya laptop 12 inci meski mengusung ukuran layar 14 inci. Hal ini lantaran bezel di pinggiran layarnya yang sangat tipis. Tidak perlu tenaga banyak untuk mengangkat B9440 berkat bobot keseluruhannya hanya 1,05 kg. Meski ringan, bodi laptop ini terasa kokoh. Engsel layarnya pun terasa solid sehingga layar tidak akan goyang saat digunakan untuk mengetik cepat.

Berbicara mengenai engsel, B9440 dapat dibuka hingga 180 derajat dan dapat dibuka menggunakan satu jari saja. Tidak ketunggalan fitur ErgoLift yang memungkinkan keyboard menaik hingga posisi 7 derajat demi penghalaman optimal saat mengetik. Keyboard milik B9440 ini juga dilengkapi dengan lampu LED di baliknya, tombol-tombol di keyboard juga memiliki jarak optimal agar menghindari kesalahan ketik.

Tombol Function (F1-F12) dapat digunakan langsung, maksudnya saya tidak perlu menekan tombol Fn ketika ingin melakukan Refresh. Sebaliknya, saya wajib menggunakan kombinasi tombol Fn ketika ingin menekan tombol volume, kecerahan layar, kecerahan LED keyboard, dan sebagainya. Hanya ada tiga macam port yang ada pada B9440, yaitu 2 port USB Type-C dan satu port jack headphone.

Dua port USB terdapat di bawah samping bawah layar (kiri dan kanan). Sedangkan port jack audio terletak di sisi bagian kiri laptop. Asus B9440 menggunakan port USB Type-C untuk mengisi ulang baterai. Tetapi proses pengisian baterai hanya dapat dilakukan pada USB bagian kiri. Asus menyatakan bahwa dalam paket penjualan B9440 akan ikut serta Mini Dock yang berfungsi sebagai adaptor jika kamu ingin menghubungkan HDMI, USB 3.1 dan USB 3.1 Type-C.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: