sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 19 Apr 2021 12:47 WIB

Co-founder Adobe, Charles "Chuck" Geschke meninggal dunia

Dr. Charles "Chuck" Geschke yang merupakan salah satu pencetus format PDF meninggal dunia di usia 81 tahun.

Co-founder Adobe, Charles
Adobe

Adobe merupakan salah satu perusahaan yang membuat aplikasi produktivitas dan pengolahan gambar serta video terpopuler di seluruh dunia. Aplikasi ini telah digunakan oleh jutaan pengguna setiap harinya.

Namun, ada kabar duka yang datang dari perusahaan tersebut. Mereka mengumumkan bahwa salah satu pendiri perusahaan, Dr. Charles "Chuck" Geschke telah meninggal dunia pada 16 April lalu.

Seperti diketahui, Geschke dan Dr. John Warnock meluncurkan Adobe pada 1982 setelah meninggalkan Xerox. Geschke kemudian menjabat sebagai COO, presiden, dan ketua dewan dari 1986 hingga 2017.

Salah satu ciptaannya yang paling banyak digunakan oleh pengguna adalah pengembangan PostScript, bahasa deskripsi page yang kekuatannya (bersama dengan Apple Macintosh dan Aldus 'PageMaker) membantu mendirikan penerbitan desktop pada 1980-an.

Dia dan Warnock juga dikenal karena mengembangkan Portable Document Format atau PDF. Fitur ini menjadi terobosan ketika diperkenalkan pada 1993, dan saat ini menjadi sebuah format yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Geschke juga mendukung pembuatan Tech Museum of Innovation (sekarang Tech Interactive) dan bersama dengan Warnock, menerima Medali Teknologi dan Inovasi Nasional dari Presiden Obama pada 2009.

Pada 1992, Geschke juga sempat menjadi headline dikarenakan dia sempat diculik. Para penculik meminta tebusan, namun untungnya setelah empat hari diculik dia diselamatkan oleh piihak berwajib, seperti lapor Engadget (19/4).

Geschke meninggal di usia 81 tahun dan meninggalkan istrinya, tiga anak, serta tujuh cucunya.

Tag
Share
×
tekid
back to top