sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
Jumat, 03 Jul 2020 10:47 WIB

Chipset A12Z Bionic Apple dapat tandingi Intel dan AMD

Dalam bocoran baru menunjukkan bahwa chipset GPU A12Z Bionic milik Apple dapat bersaing dengan GPU integrated milik Intel dan AMD.

Chipset A12Z Bionic Apple dapat tandingi Intel dan AMD
Apple A12Z Bionic

Apple beberapa waktu lalu secara resmi telah mengumumkan transisi perangkat Mac mereka dari Intel ke Apple Silicon. Mereka mengatakan, prosesor yang dikembangkan perusahaan untuk perangkat mobile saat ini dapat bersaing dengan prosesor laptop mainstream, baik dari Intel maupun AMD baik dari sisi CPU maupun GPU integrated.

Salah satu chipset GPU yang sedang mereka kembangkan adalah A12Z Bionic. Chipset ini memiliki spesifikasi yang tak jauh berbeda dengan A12X Bionic yang kini terdapat di jajaran iPad Pro mereka.

A12Z Bionic akan memiliki total 8 compute unit. Perbedaan utama dari A12X Bionic adalah prosesor tersebut hanya memiliki satu core GPU saja, sedangkan A12Z Bionic akan memiliki dua core GPU yang terintegrasi.

Berbicara mengenai performa, hasil pengujian internal Apple yang bocor menunjukkan bahwa chipset tersebut dapat bersaing dengan chipset Intel dan AMD. Mereka menggunakan OpenCL untuk melakukan pengujian.

Pengujian pertama mereka lakukan melawan Ryzen 5 4500U iGPU yang menampilkan total 6 core yang berjalan pada 1500MHz. CPU ini berjalan di HP Envy x360 Convertible, dan hasilnya sangat ketat, seperti lapor Wccftech (3/7/2020).

Disisi lain, mereka menjalankan tes yang sama pada Microsoft Surface Book 3 yang menggunakan prosesor Intel Core i7-1065G7. Hasil benchmark dari perangkat tersebut memperlihatkan bahwa ketiga prosesor ini memiliki kemampuan yang hampir mirip satu sama lain.

Perlu diingat bahwa ini bukan versi asli dari uji OpenCL Geekbench 5, tetapi menggunakan Rosetta 2 sebagai gantinya untuk meniru versi x86 dari aplikasi perbandingan. Jadi, sebelum perangkat Mac dengan prosesor Apple Silicon benar-benar rampung, masih belum jelas seberapa besar perbedaan performa yang akan didapatkan oleh pengguna.

Seperti diketahui, ada laporan yang menyatakan bahwa Mac berbasis ARM pertama akan menggunakan silikon 5 core dan 12 core. Jadi, kita harus benar-benar menunggu kehadiran perangkat tersebut secara resmi sebelum dapat melihat perbedaannya secara nyata.

Share
back to top