sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Jumat, 17 Nov 2023 13:03 WIB

CEO Baidu : Kami tidak akan fokus pengembangan AI di Tiongkok

Baru-baru ini, CEO Baidu mengungkap tentang penentangan fokus pengembangan kecerdasan buatan (AI) di Tiongkok.

CEO Baidu : Kami tidak akan fokus pengembangan AI di Tiongkok

CEO Baidu Robin Li Yanhong telah mengemukakan poin penting tentang tren saat ini di industri teknologi Tiongkok. Menurut Li, fokus yang berlebihan pada pembuatan model bahasa besar (LLM) tidak hanya menguras sumber daya tetapi juga hilangnya peluang untuk memajukan aplikasi AI praktis.

Dilansir dari Gizmochina (16/11), inti dari argumen Li adalah bahwa meskipun Tiongkok mengalami lonjakan pengembangan model AI, dengan 238 model serupa yang diluncurkan pada Oktober 2023, terdapat kekurangan yang signifikan dalam aplikasi AI-native. Ini adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk memanfaatkan kemampuan unik AI, seperti bagaimana aplikasi native mobile merevolusi penggunaan ponsel cerdas.

Perspektif Li didasarkan pada keyakinan bahwa nilai sebenarnya dari AI terletak pada penerapannya, bukan hanya pada pengembangan model dasar. Ia menyarankan adanya pergeseran fokus ke arah pembuatan sejumlah besar aplikasi berbasis AI, serupa dengan era ketika aplikasi seperti WeChat, Douyin, dan Uber, yang disesuaikan untuk penggunaan mobile, perlu diubah.

Menariknya, pernyataan Li juga menyentuh isu industri yang lebih luas: keseimbangan antara penelitian dasar dan pengembangan aplikasi. Meskipun model dasar sangat penting untuk memajukan teknologi AI, potensi sebenarnya dari model tersebut hanya akan terungkap jika diterapkan dalam skenario praktis sehari-hari.

Selain itu, Li mengkritik tren penimbunan semikonduktor canggih dan pembangunan pusat komputasi cerdas, yang ia pandang sebagai pendekatan yang tidak efisien terhadap pengembangan AI. Li menekankan bahwa tanpa skala dan kumpulan data pelatihan yang tepat, upaya ini tidak mungkin menghasilkan model dengan kemampuan yang muncul – yaitu kemampuan untuk melakukan tugas-tugas kompleks dengan masukan minimal.

Seperti disebutkan sebelumnya, Baidu sendiri terlibat dalam pengembangan aplikasi AI, seperti yang terlihat pada asisten penulisan kodenya, Comate. Namun, Li percaya bahwa aplikasi bawaan AI terbaik, baik di Tiongkok maupun secara global, masih belum muncul.

Share
×
tekid
back to top