sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Selasa, 26 Des 2023 14:03 WIB

Cara mudah mengubah kamera smartphone lama menjadi CCTV

Smartphone lama ternyata memiliki fungsi yang tidak main-main bila pengguna bisa memanfaatkannya secara baik, seperti mengubahnya menjadi kamera CCTV.

Cara mudah mengubah kamera smartphone lama menjadi CCTV

Masih cukup banyak pengguna smartphone yang mungkin belum mengetahui cara terbaik untuk memanfaatkan gadget lamanya selain dijual atau ditukar dengan produk lainnya. Padahal tidak disangka ternyata smartphone lama juga bisa digunakan untuk kamera CCTV bila diperlukan demi meningkatkan home security.

Merujuk CNET (26/12), pengguna kini bisa dengan mudah memanfaatkan smartphone lamanya menjadi kamera pengawas yang canggih berkat adanya sejumlah aplikasi khusus baik di iOS maupun Android. Jadi selama smartphone dapat terhubung dengan koneksi internet serta memiliki kamera yang masih bagus, maka hal ini dapat dimungkinkan.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pengguna untuk mengubah smartphone lama menjadi kamera CCTV yakni dengan memilih aplikasi kamera pengawas terbaik di app store. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk sekarang yaitu Alfred sebab ini dapat beroperasi di iOS maupun Android dan juga cukup banyak perangkat yang bisa menjalankannya.

Selain itu, Alfred juga merupakan aplikasi gratis yang mampu memberikan pengamatan jarak jauh, deteksi pergerakan, free cloud storage, perekam audio, serta penggunaan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Namun, bila pengguna ingin meningkatkan resolusi serta kualitas gambar atau video maka disarankan untuk melakukan upgrade premium untuk aplikasi ini.

Tidak hanya Alfred, pengguna juga bisa memilih aplikasi dengan fungsi serupa lainnya di app store seperti Manything, Salient Eye, Presence, dan IP Webcam. Pengguna dapat bebas memilih aplikasi mana yang paling cocok dengannya sesuai dengan fitur dan kebutuhannya.

Apabila pengguna sudah berhasil menghubungkan aplikasi dengan perangkatnya, maka selanjutnya tinggal menempatkan smartphone lama di tempat strategis untuk menangkap momen demi meningkatkan keamanan rumah. Misalnya, pengguna dapat meletakkan smartphone di tempat tersembunyi seperti di atas lemari atau semacamnya dan pastikan ruangan-ruangan penting misalnya ruang kerja atau ruang tamu diberikan kamera pengawas ini.

Bila pengguna ingin meletakkan smartphone pada posisi tersembunyi yang sulit dijangkau, maka saran berikutnya yakni menyediakan alat semacam tripod atau suction-cup car mount. Selain itu, pengguna juga bisa membeli lensa wide-angle tambahan guna memperluas cakupan view dari kamera pengawas pada smartphone lama tersebut.

Adapun soal pengisian daya juga perlu diperhatikan untuk melakukan hal ini sebab kamera pada smartphone pastinya akan bekerja siang dan malam sehingga membutuhkan suplai energi yang cukup. Jadi pengguna perlu memperhatikan posisi smartphone supaya dekat dengan socket atau sejenisnya, bila tidak pengguna perlu menyiapkan kabel tambahan agar perangkat bisa menjangkau sumber listrik terdekat. 

Share
×
tekid
back to top