sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Rabu, 10 Jun 2020 16:57 WIB

Cara memilih penyedia atribusi seluler yang tepat untuk efisiensi dan tingkatkan pendapatan

Dalam industri mobile yang semakin kompleks, pemasar membutuhkan data yang dapat diandalkan - dan pemilihan penyedia atribusi yang tepat dapat membantu Anda untuk menghemat biaya dan mengembangkan aplikasi.

Cara memilih penyedia atribusi seluler yang tepat untuk efisiensi dan tingkatkan pendapatan

Pemasar digital tidak lagi merasa puas dengan informasi demografi mengenai audience mereka dan informasi terkait apakah pengguna mengunduh aplikasi melalui Android atau iOS. Saat ini, penyedia atribusi yang tepat akan dapat menyediakan jejak digital yang mengungkap cara pengguna mengenal aplikasi Anda, asal pengguna, bagaimana dan kapan mereka menggunakan aplikasi Anda. Termasuk  cara terbaik untuk membina hubungan dengan lebih banyak pengguna lainnya.

Akan tetapi, pemilihan penyedia atribusi yang tepat tidak selalu mudah, kita akan mengeksplorasi proses pencarian penyedia atribusi yang tepat, sejak tahap awal.

Dasar-dasar Atribusi

Secara sederhana, atribusi adalah proses pengumpulan informasi yang tepat untuk membantu Anda membuat keputusan berdasarkan informasi yang memadai tentang cara terbaik untuk memasarkan aplikasi Anda dan sumber akuisisi terbukti yang paling membuahkan hasil pada setiap tahapan pelibatan pengguna.

Sebagai contoh, aplikasi parenting terbesar di Indonesia, Teman Bumil, membuka semua aspek dan kegiatan marketing dari aplikasi mereka yang menjadi daya tarik pengguna dengan cara melacak semua titik interaksi dengan para pengguna selama ini. Kemudian data analisis digunakan tim produk, digital marketing dan tim tech, untuk mengidentifikasi konten yang paling diminati pengguna. Menggunakan data Adjust, tim berkolaborasi untuk membangun fitur-fitur baru, serta mengoptimalkan pengalaman pengguna. Hal ini juga membuka jalan untuk bekerjasama dengan pihak eksternal dan monetisasi bagi perusahaan.

Untuk memaksimalkan pendapatan, meminimalkan biaya dan mengurangi risiko, pemasar seluler masa kini memerlukan penyedia atribusi yang dapat secara memadai menyediakan lingkungan yang aman, bebas penipuan. Setiap penyedia atribusi menawarkan berbagai kombinasi opsi dan fitur yang berbeda-beda, tidak ada yang sama. Akan tetapi, saat mempertimbangkan berbagai opsi, checklist berisi pertimbangan utama di bawah dapat membantu pemasar untuk mengambil keputusan yang didasarkan pada informasi yang memadai.

Hal-hal yang Diperlukan dari Penyedia Atribusi : Checklist

Pastikan penyedia atribusi Anda sepenuhnya netral dan 100% akurat. Penyedia atribusi yang juga menjual ruang iklan, menjual data atau mempromosikan produk pihak ketiga akan menggerus kepercayaan pengguna. Selain itu, data atribusi seluler juga harus dapat diandalkan agar Anda dapat mengambil keputusan yang baik. Artinya, setiap action seharusnya hanya dihitung satu kali: satu data point, per event, per individu. Ini akan memastikan bahwa Anda tidak membayar dua kali untuk event yang sama.

Bagi tech unicorn Asia Tenggara, Traveloka, akurasi data atribusi sangat penting untuk menyiapkan gambaran komprehensif tentang pengguna mereka, data ini kemudian dapat digunakan untuk "memasangkan berbagai touchpoint selama pengguna menggunakan aplikasi untuk mobile dan desktop saat menciptakan program pemasaran". Traveloka mengatakan bahwa efisiensi tim pemasaran meningkat sebesar 30% saat memiliki gambaran yang lebih komprehensif tentang pengguna.

Pastikan bahwa penyedia atribusi Anda terkoneksi dengan pembuat aplikasi terkemuka dan terintegrasi dengan mitra iklan Anda yang paling penting. Jika Anda akan mengalokasikan anggaran untuk sebuah channel, pastikan bahwa penyedia atribusi Anda dapat mengakses data dari channel tersebut untuk kampanye Anda. Jika Anda tidak memiliki akses, Anda tidak akan mendapatkan manfaat penuh dari data yang akan memberikan informasi tentang jaringan dengan kinerja terbaik. Selain itu, pemasar yang mempertimbangkan untuk memperluas jaringan ke luar negeri perlu memilih vendor yang memiliki jaringan global dan kemitraan yang kuat di seluruh dunia.

Pastikan bahwa Anda dapat mengakses data yang sudah tersedia secara rutin, agar Anda dapat membandingkan kinerja kampanye di masa lampau dan saat ini. Data perlu disimpan selama kurun waktu yang memadai agar Anda dapat mengaksesnya dan menggunakannya dalam mengambil keputusan. Dengan mengakses data lampau, Anda dapat melacak pengalaman dan perilaku pengguna seiring berjalannya waktu. Selain itu, pastikan bahwa penyedia Anda menyediakan semua data organik secara bebas biaya dan tidak membatasi jumlah data queries.

Lakukan due diligence untuk memastikan bahwa perusahaan tidak hanya mampu mendeteksi, tetapi juga dapat mencegah penipuan. Jika penyedia atribusi hanya dapat mendeteksi penipuan, Anda akan tertinggal dari para penipu. Anda akan membayar untuk traffic palsu dan Anda akan perlu mengurus penggantian biaya dari jaringan iklan. Ini akan menghambat upaya Anda di masa mendatang: tanpa pencegahan aktif, data Anda akan kurang akurat dan, artinya, akan tidak bermakna dan bias.

Zalora, platform e-commerce fashion yang melayani tujuh negara di APAC, mengatakan bahwa kerja sama dengan penyedia atribusi yang secara aktif mencegah penipuan sangatlah berguna. "Kami berhasil menghemat banyak sekali waktu karena tidak perlu mengidentifikasi kegiatan yang mencurigakan dan juga meminta penggantian biaya. Kini pelacakan kegiatan mencurigakan sangatlah mudah dan kami tidak perlu menghabiskan waktu berhari-hari untuk membuktikan sesuatu."

Yang terakhir, pilihlah penyedia atribusi yang dapat menjamin privasi data. Penyedia atribusi yang memiliki sertifikasi dari ePrivacy group di Uni Eropa atau Privacy Shield group di Amerika Serikat akan membuat pemasar merasa tenang. Khususnya, pemasar yang perlu mematuhi peraturan privasi atau akan diminta membayar denda yang signifikan.

Seleksi penyedia atribusi secara hati-hati. Pemasaran seluler diperkirakan akan bertumbuh secara eksponensial dalam beberapa tahun mendatang dan Anda harus mampu meningkatkan skala secara efektif selaras dengan pertumbuhan tersebut. Menurut GMSA, jumlah pelanggan seluler diproyeksikan akan mencapai 5,7 miliar pelanggan pada tahun 2020, yakni 73% dari penduduk dunia!. GMSA juga mengindikasikan bahwa kontribusi seluler terhadap PDB global sebesar $3,3 triliun. Aplikasi merupakan bisnis yang besar dan para pemain bekerja keras untuk turut mendapatkan keuntungan, termasuk para penipu. Kemitraan dengan penyedia layanan atribusi yang tepat akan membantu Anda untuk mengambil langkah ke depan dengan yakin, karena Anda tahu bahwa data Anda aman dan anggaran Anda dibelanjakan secara bijak.

Anda bisa mengunduh panduan Atribusi Seluler milik Adjust di sini.

Editor
Share
×
tekid
back to top