sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Jumat, 11 Des 2020 14:43 WIB

Cara membuat dan optimasi grup Facebook

Meskipun halaman Facebook terkadang seperti one-way channel, nyatanya Grup Facebook dapat menjadi ruang bagi pengguna untuk tetap terhubung.

Cara membuat dan optimasi grup Facebook
Source: Unsplash

Berbagai platform media sosial saat ini banyak menguntungkan berbagai pihak, termasuk untuk membangun sebuah brand ataupun bisnis. Sebagaimana grup Facebook, dimana platform ini dapat membantu Anda membangun komunitas, menjalin komunikasi, serta meningkatkan hubungan antara pelanggan dengan brand atau bisnis Anda. 

Meskipun halaman Facebook terkadang seperti one-way channel bagi brand untuk berbagi hal terbaru, nyatanya Grup Facebook dapat menjadi ruang bagi pengguna untuk tetap terhubung dan berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Namun untuk membangun interaksi yang optimal, Anda dapat mengikuti cara berikut.

#1 Buat grup Facebook

Setelah masuk ke Halaman Facebook Anda, cari tab "Buat" (Create) di bar navigasi Anda dan pilih "Grup" (Group) dari daftar menu Facebook.

#2 Beri nama grup Facebook

Pilih nama yang relevan dengan brand atau bisnis Anda dalam membuat nama grup Facebook, sehingga audiens akan lebih mudah memahami brand maupun konten sebelum mereka bergabung. 

#3 Undang anggota

Untuk menjangkau jumlah anggota yang lebih luas, Anda boleh mempromosikan grup Anda melalui sosial media yang Anda dimiliki. Ajak kerabat, kenalan atau keluarga Anda untuk bergabung agar jaringan audiens Anda semakin luas.

#4 Jadikan grup Facebook Anda publik atau pribadi

Jika Anda ingin membuat ruang pribadi dan intim dengan komunitas Anda, pilih grup pribadi. Namun, jika Anda ingin mengumpulkan sebanyak mungkin anggota, menjadikannya sebagai publik mungkin pilihan terbaik.

#5 Berikan informasi secara detail pada grup

Berikan informasi lengkap tentang brand Anda, dengan memberikan cover foto, lokasi, tag, dan sebagainya yang berkaitan dengan brand

#6 Unggah konten pertama Anda

Berikan konten yang menarik, sehingga nantinya anggota atau yang belum bergabung di grup Anda akan merasa tertarik untuk bergabung.

Setelah semuanya siap, Tek.id juga akan tawarkan beberapa tips untuk memanfaatkan platform grup Facebook Anda secara optimal. Berikut caranya.

●    Terlibat dengan percakapan anggota

Anda harus terlibat dengan anggota dalam berbagai percakapan. Seperti ikut menyukai konten yang dibagikan, atau sekadar memberikan komentar positif yang mendorong anggota Anda untuk mengunjungi brand yang dimiliki. 

●    Berikan kesempatan bagi anggota untuk memberikan feedback

Anda juga perlu melibatkan anggota grup dalam interaksi. Salah satunya dengan mengajukan fitur polling. Misalnya, tentang apa yang mereka ingin mereka lihat dalam grup Anda dan sebagainya. 

●    Buat grup komunitas di lokasi yang berbeda

Jika brand Anda memiliki komunitas yang kuat di kota-kota tertentu, pertimbangkan untuk membuat grup Facebook lokal agar mereka dapat berinteraksi.

●    Buat konten eksklusif untuk grup Anda

Buat konten yang eksklusif dengan memberikan konten yang tidak dapat mereka temukan di tempat lain. 

●    Pastikan grup Facebook Anda selalu menjadi ruang positif.

Terkadang Anda akan mendapati individu yang melanggar aturan grup. Untuk memastikan semua anggota grup mendapatkan pengalaman yang positif, Anda dan moderator/admin harus tetap menjaga suasana yang aman dan menyenangkan.

Share
×
tekid
back to top