sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
Rabu, 21 Jul 2021 09:35 WIB

Cara batasi Explore Instagram dari konten sensitif

Konten sensitif yang menjurus ke hal berbau kekerasan dan seksual sering muncul di halaman Explore Instagram. Tapi, kini Anda dapat mengatur batasan konten sensitif di Explore Instagram.

Cara batasi Explore Instagram dari konten sensitif
Credit: Instagram

Facebook baru-baru ini telah mengumumkan pengaturan baru yang memungkinkan Anda membatasi seberapa banyak konten sensitif dapat muncul di halaman Explore dari akun Instagram Anda. Menurut Facebook, pengaturan batasan konten di Explore Instagram terbaru akan memungkinkan Anda untuk mengatur seberapa banyak konten sensitif yang ingin ditampilkan. Di halaman dukungan Sensitive Content Control, Instagram mengatakan jika konten sensitif dapat mengganggu pengguna. Konten sensitif ini mencakup postingan yang menjurus ke arah seksual atau kekerasan. Selain itu, juga postingan yang mempromosikan hal seperti penggunaan tembakau atau obat-obatan. Apabila konten-konten tersebut dibiarkan beredar di Explore, ini tentu akan menimbulkan kerugian bagi pengguna.

Di sisi lain, Instagram jelas melibatkan rekomendasi pengaturan berdasar pedoman dari Facebook sebagai perusahaan induknya dalam mengeluarkan pengaturan batasan konten ini. Perlu diketahui, jika pedoman Facebook sebenarnya telah mengatur muatan konten di Explore platform-nya. Untuk mengaktifkan pengaturan batasan konten Explore di Instagram, begini caranya.

Pertama, Anda harus menuju ke Profile akun Instagram Anda. Setelah itu, pilih menu Setting yang berbentuk seperti roda gerigi, yang berada di pojok kanan atas. Kemudian, ketuk Account dan Anda akan disajikan beberapa pilihan pengaturan. Lalu, Anda pilih Sensitive Content Control.

Pada pengaturan Sensitive Content Control, Anda dapat mengatur batas konten sensitif yang akan ditampilkan pada halaman Explore akun Instagram Anda. Sensitive Content Control memiliki tiga pilihan pengaturan batasan konten sensitif, yaitu Allow, Limit (Default), dan Limit Even More. Anda dapat mengaktifikan salah satu dari tiga pilihan tersebut untuk menyesuaikan keinginan Anda dalam melihat konten sensitif di halaman Explore. Tapi untuk dapat memilih pengaturan Allow, Anda harus berusia di atas 18 tahun.

Dilansir dari The Verge (21/7), pengaturan batasan konten sensitif hanya memberi pengguna lebih banyak pilihan tentang seberapa banyak postingan yang menganggu dapat muncul di halaman Explore-nya. Meski ada pengaturan batasan konten sensitif ini, tapi jika ditemukan postingan konten yang telah melanggar aturan Facebook, ini akan tetap dihapus oleh platform secara otomatis. Semisal, ditemukan konten yang memuat tentang kekerasan atau berbau porno, ini akan langsung dihilangkan oleh Instagram dari situsnya dan pengguna tidak dapat mengakses. Pembatasan otomatis itu juga berlaku bagi pengguna yang telah mengatur batasan konten sensitif menjadi Allow. Jadi, pengguna tersebut tetap tidak dapat mengakses konten yang telah melanggar aturan Facebook.

Share
×
tekid
back to top