sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Kamis, 19 Jan 2023 15:36 WIB

Salah kirim? Begini cara batalkan pesan yang dikirim di Gmail

Secara default, fitur Undo diatur untuk waktu 5 detik sedangkan Gmail menawarkan periode paling lama yakni 30 detik sejak pesan dikirim dan sebelum masuk status terkirim.

Salah kirim? Begini cara batalkan pesan yang dikirim di Gmail

Hadirnya fitur unsent atau pembatalan chat di WhatsApp menjadi game changer dalam aplikasi perpesanan. Bagaimana tidak, yang tadinya kita harus menanggung rasa malu karena salah kirim ucapan selamat malam, kini dapat dengan mudah dihapus dan penerima tidak akan menerima melihat pesan apapun melainkan keterangan "This message was deleted".

Sayangnya, tidak banyak yang tahu kalau fitur serupa juga sebenarnya dimiliki oleh Gmail - sebut saja platform pesan untuk fungsi yang lebih profesional. Salah kirim di Gmail mungkin lebih berbahaya daripasa sekadar isi pesan di WhatsApp. Bisa saja, kalian salah kirim dokumen ke atasan atau bahkan data-data rahasia ke alamat email yang bukan seharusnya.

Oleh karena itu, fitur yang disebut "Undo" di Gmail ini sangat penting untuk Sahabat Tek ketahui. Secara default, fungsi ini sebenarnya sudah ada tapi hanya diatur untuk waktu 5 detik. Sedangkan, Gmail menawarkan periode paling lama yakni 30 detik sejak pesan dikirim dan sebelum masuk status terkirim. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini untuk memperpanjang waktu.

Cara aktifkan fitur Undo di GMail:

  • Klik pengaturan di pojok kanan atas, kemudian buka General
  • Cari menu Undo Send dan atur periode waktu ke 30 detik
  • Jangan lupa simpan perubahan pengaturan di paling bawah halaman

Jika fitur sudah diaktifkan, akan tampil pilihan Undo setelah kalian mengirim pesan ke siapapun, di bagian pojok kiri bawah layar. Tapi ingat, waktu paling lama hanya 30 detik, jadi harus cepat tanggap untuk membatalkan pengiriman pesan.  

Perlu diketahui, praktek ini tampaknya hanya bisa dilakukan di GMail melalui PC atau desktop. Sebab, opsi Undo di pengaturan GMail smartphone masih belum dapat ditemukan.

Share
×
tekid
back to top