sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 13 Mar 2023 11:04 WIB

Cara alternatif rekam panggilan audio di iPhone

Meskipun tidak mendukung rekaman panggilan audio, pengguna iPhone tetap bisa merekam panggilan audio menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara alternatif rekam panggilan audio di iPhone
Source: Unsplash/Taylor Grote

iPhone tidak memiliki fitur bawaan untuk merekam panggilan audio. Alasannya jelas karena Apple sangat menjunjung tinggi privasi pengguna perangkat mereka. Belum lagi merekam panggilan mungkin ilegal untuk di beberapa negara sehingga akan menimbulkan masalah bagi yang melakukannya.

Tetapi, seperti kata pepatah, "selalu ada jalan menuju Roma." Meskipun tidak mendukung rekaman panggilan audio, pengguna iPhone tetap bisa merekamnya menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun, tidak sembarang aplikasi bisa melakukan hal ini karena Apple memblokir aplikasi lain untuk mengakses Telepon di ponsel, yang lagi-lagi untuk memastikan tidak ada aplikasi yang dapat memata-matai panggilan suara.

Rev Call Recorder adalah salah satunya. Aplikasi ini menghubungkan saluran ketiga ke panggilan antara pengguna dan orang lain. Panggilan itulah yang direkam. Aplikasi ini gratis untuk digunakan, tetapi membayar jika ingin menyalin isi panggilan dengan harga mulai dari USD1,50. Sayangnya, aplikasi hanya mendukung pengguna AS untuk saat ini karena nomor panggilan harus berawalan +1. 

Google Voice adalah opsi pihak ketiga lain yang lebih memungkinkan pengguna di luar AS untuk merekam panggilan iPhone. Pengguna juga akan menerima email berisi transkrip panggilan, yang sangat berguna. Tetapi aplikasi tersebut memiliki batasan yang berbeda. Aplikask hanya merekam panggilan masuk dan tidak bisa merekam panggilan keluar yang dibuat oleh pengguna.

Gunakan perangkat keras untuk merekam panggilan iPhone

Jika solusi perangkat lunak tidak menarik, Sahabat Tek dapat menggunakan perangkat keras untuk merekam panggilan. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengaktifkan loud speaker, lalu menggunakan perangkat sekunder untuk merekam panggilan. Rekaman audio kemudian akan berada di perangkat sekunder tersebut, baik itu komputer atau telepon lain.

Jika memiliki dua iPhone atau iPad, Anda dapat menggunakan aplikasi Voice Memos bawaan di iOS untuk merekam panggilan. Perlu diingat, dengan memilih metode ini, Anda harus memastikan lingkungan sekitar tidak berisik atau jauh dari hiruk pikuk orang-orang. 

Pilihan kedua adalah menggunakan mikrofon in-ear yang terhubung ke gadget lain. Ini akan meningkatkan kualitas rekaman Anda, karena mikrofon mendengar dengan tepat apa yang pengguna dengar selama percakapan. Tempatkan mikrofon di telinga dan pegang iPhone di sebelahnya. Mikrofon harus disambungkan ke perangkat lain, seperti komputer, perekam suara, atau ponsel lain dengan jack headphone.

Share
×
tekid
back to top