sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 11 Jul 2022 14:05 WIB

Cara aktifkan dua WhatsApp di OPPO A16k

Smartphone OPPO yang menggunakan ColorOS 5.2 ke atas dibekali fitur Clone App, termasuk OPPO A16k yang diluncurkan Mei 2022. Ini memungkinkan pengguna menginstal dua aplikasi yang sama dalam satu perangkat, seperti WhatsApp.

Cara aktifkan dua WhatsApp di OPPO A16k

Kebutuhan pengguna smartphone yang semakin kompleks mendorong produsen menghadirkan fitur pengganda aplikasi. Fitur ini memungkinkan pengguna menggandakan aplikasi dan mengaksesnya di dalam satu perangkat. Misalnya, dua akun WhatsApp bisa digunakan dalam satu smartphone.

Bagi konsumen OPPO, fitur ini dikenal dengan Clone App. Fitur ini pertama kali hadir dalam pembaruan ColorOS 5.2 berbasis Android 8 (Oreo). Sejak itu, smartphone OPPO yang menggunakan ColorOS 5.2 ke atas dibekali fitur Clone App, termasuk OPPO A16k yang diluncurkan Mei 2022. 

OPPO A16k sendiri merupakan smartphone entri OPPO Rp2 jutaan yang memiliki banyak fitur bermanfaat. Clone App, salah satunya, dapat ditemui di menu App Management yang ada di dalam Pengaturan.

Perlu diketahui, tidak semua aplikasi dapat digandakan melalui fitur Clone App. Berdasarkan informasi fitur, aplikasi yang dapat digandakan antara lain WhatsApp, Messenger, Line, Facebook, imo, Instagram, Skype, Telegram, Viber, Zalo, dan WeChat.

Cara mengaktifkan Clone App

Sangat mudah untuk menggandakan aplikasi di OPPO A16k. Pertama-tama, buka Pengaturan smartphone, kemudian cari menu App Management > App Cloner. Atau singkatnya, Anda bisa mencari kata kunci "clone" di kolom pencarian Pengaturan.

Kemudian, akan muncul daftar aplikasi di smartphone yang bisa digandakan. Pilih aplikasi yang diinginkan dan aktifkan. Setelah proses kloning selesai, aplikasi kloning akan muncul dengan tanda "Clone". 

Anda bisa mengganti nama default itu dengan sebutan yang diinginkan, misalnya "WhatsApp (Clone)" menjadi "WhatsApp kerjaan". Nama bisa diganti lewat opsi Rename app clone. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan masing-masing aplikasi seperti biasa.

Itu dia cara menggandakan aplikasi di OPPO A16k. Jika suatu saat ingin menghapus seluruh aplikasi kloning, pengguna dapat melakukan Reset App Cloner di opsi Advanced Setting yang ada di dalam menu App Cloner.

Editor
Share
×
tekid
back to top