Cara aktifkan dark mode WhatsApp di ColorOS 6

WhatsApp bakal hadir dengan fitur dark mode. Namun sampai saat ini fitur tersebut tidak kunjung tiba. Tapi bagi kamu pengguna ColorOS 6, bisa merasakan lebih dulu dark Mode di WhatsApp.

Cara aktifkan dark mode WhatsApp di ColorOS 6 Source: Patardo/ Tek.id

Android 10 hadir dengan sejumlah fitur menarik, salah satunya dark mode. Sistem operasi terbaru besutan Google ini mampu memaksa aplikasi pihak ketiga untuk memasuki mode gelap tersebut. 

Sejak beberapa waktu lalu, WhatsApp dirumorkan akan menghadirkan mode gelap ini langsung di dalam aplikasinya. Kendati WABetaInfo mengabarkan kalau dark mode WhatsApp sebenarnya sudah tersedia untuk perangkat Android dan iOS, WhatsApp belum memberikan tanggal pasti kapan dark mode akan meluncur. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Cara pakai fitur katalog di WhatsApp Business

Fitur katalog di WhatsApp Business resmi hadir di Indonesia

Begini cara sembunyikan chat WhatsApp


Meski begitu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merasakan fitur dark mode ini di WhatsApp. Ini merupakan kabar gembira bagi para pengguna smartphone dengan ColorOS 6 di dalamnya. Artinya bagi smartphone Oppo dan realme yang sudah menjalankan sistem operasi Android 9 Pie, fitur  dark mode di WhatsApp bisa didapatkan. 

Adapun semua smartphone realme yang sudah menjalankan ColorOS 6. Sementara itu, untuk Oppo, line up yang sudah menjalankan ColorOS 6 adalah Oppo A9 2020, A5 2020, Reno 2, Reno 2F, F11 Pro, F11, K3, A1k, Reno, dan Reno 10x zoom, 

Nah, dalam tutorial kali ini, tim Tek.id menggunakan Realme XT untuk mengubah tampilan WhatsApp menjadi dark mode. Berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka Settings
  • Gulung layar ke paling bawah hingga menemui opsi Realme Lab. 
  • Akan muncul pilihan Dark Mode. Ketuk Dark Mode untuk membuka opsi tersebut. 

  • Ketuk kolom Enable Now untuk mengaktifkan Dark Mode di ColorOS 6. Seketika tampilan akan menjadi gelap. 
  • Kamu juga dapat mengatur aplikasi apa saja yang akan terkena dampak Dark Mode di ColorOS 6. Ketuk opsi Dark Mode for Third-Party Apps. 
  • Secara default, semua aplikasi akan “dipaksa” masuk mode gelap. Kalau tidak berkenan, kamu bisa menonaktifkan efek ini hanya pada aplikasi tertentu saja. 

Harus diketahui bahwa mode gelap di ColorOS ini tidak akan mempengaruhi wallpaper di halaman muka smartphone. Satu perubahan yang dapat dilihat adalah kolom Google Search yang berubah warna menjadi hitam. 

Nah, ketika masuk ke kolom Chat di WhatsApp, tampilan akan berubah menjadi gelap. Namun ketika masuk ke dalam ruang pesan, mode gelap ini tidak berefek pada walpaper chat. Cara mengakalinya adalah dengan mengubah wallpaper di dalam ruang pesan. 

Kembali ke kolom pesan, kemudian akses settings. Setelah itu pilih dengan urutan sebagai berikut: Chats >> Wallpaper >> No Wallpaper. Dengan begini, tampilan wallpaper akan mengikuti efek mode gelap dari ColorOS 6. 

Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah gelembung pesan yang dikirmkan tidak akan berwarna gelap layaknya pesan yang diterima. Ini menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki efek dark mode “paksa” di ColorOS 6. Kalau tidak masalah, kamu bisa menggunakan cara ini untuk merasakan dark mode di WhatsApp sebelum dirilis secara resmi oleh perusahaan tersebut. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: