sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
Rabu, 04 Mar 2020 19:07 WIB

Canon rilis kamera yang bisa potret kondisi gelap, harganya Rp400 jutaan

Canon meluncurkan kamera ME20F-SH dengan kepekaan sensor yang dapat ditingkatkan hingga ISO 4.000.000.

Canon rilis kamera yang bisa potret kondisi gelap, harganya Rp400 jutaan

Merekam kondisi gelap menggunakan kamera konvensional tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri. Hal ini disebabkan oleh tingkat kepakaan sensor terhadap cahaya yang ada pada kamera pada umumnya masih berada pada level standar. Demi menanggulangi masalah tersebut, Canon meluncurkan kamera ME20F-SH dengan kepekaan sensor yang dapat ditingkatkan hingga ISO 4.000.000.

Dengan ISO sebesar itu, Canon mengklaim kamera ME20F-SH mampu merekam gambar di kondisi gelap gulita, bahkan ketika mata manusia tidak dapat melihatnya. Kondisi itu bisa digambarkan dalam keadaan intensitas cahaya subjek di bawah 0,0005 lux, atau  ketika subjek hanya mendapat pancaran cahaya dari sinar bulan.

“Kamera dengan kemampuan sensitivitas cahaya yang sangat tinggi ini dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti saat mengambil gambar alam liar di malam hari, pengamatan, hingga untuk sistem keamanan di mana teknologi kamera konvensional, termasuk kamera CCTV, tidak bisa melakukannya,” kata Asst. Director, Canon Marketing Division, PT Datascrip, Sintra Wong.

Canon ME20F-SH dibekali dengan prosesor gambar Digic DV 4 dan sensor CMOS full-frame yang mendukung video Full HD dengan format 50p/60p. Memiliki bodi modular dan ringkas, membuat kamera ini sangat mudah saat dipadukan dengan drone maupun gimbal, dan juga layar tambahan yang biasa digunakan pada standar profesional untuk perekaman video.

Kamera ini memiliki EF-mount sehingga dapat menggunakan lensa Canon EF dan EF-S yang biasa digunakan pada kamera DSLR Canon serta lensa cinema Canon sehingga pengguna tidak perlu khawatir soal keterbatasan lensa saat menggunakan kamera ini. Di dalamnya juga terdapat filter neural density (ND) dan IR.

Untuk konektivitas, Canon ME20F-SH dibekali berbagai port yang biasa digunakan, seperti 3G/HD-SDI dan HDMI, berguna untuk penyimpanan data atau menghubungkan dengan layar eksternal tambahan yang digunakan saat membuat video. Tersedia pula port audio 3,5 mm untuk mikrofon eksternal, serta slot microSD untuk melakukan pembaruan firmware. Bagi kamu yang ingin melakukan pengaturan manual jarak jauh, dapat menghubungkan kamera ini dengan RC-V100 Remote Controller dari Canon.

Sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia, PT Datascrip menjual Canon ME20F-SH dengan harga Rp427.339.000 (bodi).

Share
×
tekid
back to top