sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
Kamis, 23 Jul 2020 10:56 WIB

BOE kenalkan panel Mini LED dan pengenalan wajah di balik layar

Mini LED merupakan teknologi layar baru yang menjanjikan contrast ratio lebih baik serta warna hitam yang lebih pekat jika dibandingkan dengan panel LCD.

BOE kenalkan panel Mini LED dan pengenalan wajah di balik layar
Source: Jed John Ikoba / Gizmochina

Pada tanggal 22 Juli 2020 hingga 24 Juli 2020 digelar ajang pameran teknologi panel layar bernama International Display Technology and Application Innovation Exhibition (DIC EXPO 2020) yang berlokasi di kota Shanghai, Tiongkok. Dalam acara ini, produsen layar asal Tiongkok BOE Technologies telah meluncurkan beberapa teknologi panel inovatif dan solusi seperti AMOLED fleksibel, Mini LED, dan kamera di balik layar.

Dari beberapa produk yang dipamerkan, Gizmochina (23/7) menginformasikan bahwa perangkat yang paling menarik perhatian adalah Mini-LED berukuran 27 inci serta Mini LED berukuran 15,6 inci. Teknologi panel Mini LED dari BOE diinformasikan mampu mencapai contrast ratio ultra tinggi dengan jutaan tingkat dan memberikan efek gambar yang lebih tajam dan alami.

Mini LED merupakan teknologi layar baru yang menjanjikan contrast ratio lebih baik serta warna hitam yang lebih pekat jika dibandingkan dengan panel LCD yang berpendar berkat bantuan LED di belakangnya. Seperti namanya, Mini LED memiliki ukuran jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan LED reguler. Dioda yang lebih kecil dari 0,2 mm umumnya digolongkan sebagai Mini-LED.

Teknologi panel layar tersebut digadang-gadang akan menjadi teknologi baru dalam hal visual, dan saat ini menjadi fokus pabrikan lokal di Tiongkok. Bahkan ada spekulasi bahwa Apple berencana untuk menggunakan Mini LED pada produk mendatang mereka agar dapat menanggulangi masalah burn-in OLED dan meningkatkan daya tahan produk. Pergeseran ke Mini LED juga akan membantu mengurangi ketergantungan Apple pada Samsung, pemain dominan di industri OLED.

Selain Mini LED, BOE Technologies juga meluncurkan layar OLED melengkung ultra lebar dengan aspect ratio 32:9, layar OLED lipat dan layar notebook OLED dengan bezel tipis. Namun, produk inovatif lain yang dipamerkan di DIC EXPO 2020 adalah layar fleksibel dengan teknologi kamera di balik layar. Teknologi ini dapat menghilangkan desain notch atau semacamnya.

Perusahaan tersebut juga mengenalkan teknologi pengenalan wajah 3D yang diimplementasikan di balik layar sehingga lebih nyaman untuk membuka kunci layar gadget menggunakan deteksi wajah. BOE juga menghadirkan layar 8K BD Cell berukuran 75 inci dan 110 inci yang secara inovatif menerapkan teknologi layar refleksi untuk tablet, e-book, TV dan lainnya.

Share
×
img
×
tekid
back to top