sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Selasa, 22 Nov 2022 17:05 WIB

CEO Disney Bob Iger ingin kembalikan bisnis ke tangan kreatif

CEO Disney Bob Iger ingin mengembalikan kendali perusahaan ke tangan kreatif, beralih dari pendekatan data dan streaming-sentris di era Bob Chapek.

CEO Disney Bob Iger ingin kembalikan bisnis ke tangan kreatif

Bob Iger kini kembali ke kursi lamanya di Disney, menggantikan CEO Bob Chapek yang belum lama menjabat. Dalam memo baru-baru ini, Iger mengungkapkan rencananya untuk mengembalikan kendali perusahaan ke tangan kreatif, beralih dari pendekatan data dan streaming-sentris di era Chapek.

Untuk memulai rencananya itu, Iger menggulingkan veteran Disney, Kareem Daniel, salah satu tangan kanan Chapek yang sebagian besar membantu melaksanakan agendanya. Daniel adalah kepala grup distribusi media dan hiburan baru (DMED) yang dibuat oleh Chapek, bertanggung jawab atas distribusi, penjualan iklan, dan banyak lagi di semua platform termasuk Disney+. 

Meskipun telah meningkatkan jumlah pelanggan di seluruh platform Disney, tetapi menurut Iger ini mengakibatkan misi inti Disney dari pendirinya hilang. Juga dilaporkan, strategi tersebut tidak membantu laba karena divisi tersebut kehilangan USD1,5 miliar pada kuartal terakhir.

Untuk itu, Iger merancang struktur baru dan menempatkan tim kreatif sebagai pengambil keputusan paling banyak. Iger meminta bantuan Dana Walden, Alan Bergman, Jimmy Pitaro, dan Christine McCarthy dalam merancang struktur baru.

"(Struktur baru) Menempatkan lebih banyak pengambilan keputusan di tangan tim kreatif kami dan merasionalisasi biaya, dan ini akan memerlukan reorganisasi Disney Media & Entertainment Distribution (DMED)," tulis Iger dalam memo yang dikutip dari Collider (22/11). 

Iger tidak terlalu menyukai strategi Chapek yang memprioritaskan distribusi konten dan keuntungan daripada kreativitas yang sebenarnya. Pada 2021, Iger pernah mengatakan, "Di dunia dan bisnis yang dibanjiri data, penggunaan data tergoda untuk menjawab semua pertanyaan kami, termasuk pertanyaan kreatif. Saya mendesak Anda semua untuk tidak melakukan itu." 

Memonya lebih lanjut menyatakan divisi DMED akan tetap ada, tetapi dengan struktur yang baru. Struktur baru ini kemungkinan menempatkan para pendongeng atau tim kreatif pada hierarki yang lebih tinggi daripada DMED.

"Tanpa diragukan lagi, elemen DMED akan tetap ada, tetapi pada dasarnya saya percaya bahwa mendongeng adalah apa yang mendorong perusahaan ini, dan itu menjadi pusat dari cara kami mengatur bisnis kami"

Share
×
tekid
back to top