sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Kamis, 23 Nov 2023 09:24 WIB

Berkat teknologi AI, keuntungan NVIDIA naik 588%

Keandalan AI NVIDIA mendorong kinerja finansial yang belum pernah ada sebelumnya, laba melonjak 588% dan pendapatan berganda di kuartal 3.

Berkat teknologi AI, keuntungan NVIDIA naik 588%

Teknologi kecerdasan buatan (AI) benar-benar telah berkembang pesat pada tahun 2023. Teknologi ini, yang tiba-tiba muncul di setiap aspek kehidupan kita dan di setiap layanan yang kita gunakan, telah memberikan manfaat paling besar bagi NVIDIA.

Terbukti dari laporan keuangan kuartal ketiga tahun 2023 yang dirilis perusahaan, NVIDIA meningkatkan pendapatannya sebesar 206% dalam tiga bulan terakhir, mencapai $18,12 miliar. Pada periode yang sama, labanya juga meningkat sebesar 588%.

Meskipun NVIDIA dianggap oleh banyak orang hanya sebagai produsen kartu grafis, kenyataannya jauh berbeda. Perusahaan ini memiliki beragam produk mulai dari peralatan pusat data hingga chip seperti H100 yang mendukung teknologi AI seperti ChatGPT. Terlebih lagi, berkat hiruk pikuk AI pada tahun 2023, produk-produk ini menjadi lebih populer dari sebelumnya. Permintaan ini juga tercermin dalam laporan keuangan NVIDIA.

Dilansir dari Gizmochina (23/11), NVIDIA menghasilkan pendapatan $18,2 miliar pada kuartal ini di berbagai anak perusahaannya yang beroperasi di berbagai bidang. Sekitar $14,5 miliar dari jumlah ini berasal dari penjualan perangkat keras yang memungkinkan pengoperasian teknologi AI. Sebagai gambaran, pendapatan sebesar $18,2 miliar adalah 206% lebih banyak dibandingkan kuartal sebelumnya.

Sekarang, berapa angka yang dianggap menguntungkan bagi sebuah perusahaan untuk dianggap sukses dengan pendapatan $18,2 miliar? Jawaban NVIDIA terhadap pertanyaan ini sangat mengesankan. Perusahaan memperoleh laba bersih sebesar $10 miliar. Untuk meningkatkannya, pada periode yang sama tahun lalu, jumlah ini mencapai $1,4 miliar, menunjukkan pertumbuhan yang mengejutkan sebesar 588%.

Meskipun target NVIDIA pada kuartal ini adalah mencapai pendapatan sebesar $20 miliar, perusahaan tersebut perlu melakukan lebih banyak upaya untuk mencapai targetnya karena embargo di negara-negara seperti Tiongkok, Arab Saudi, dan UEA.

Share
×
tekid
back to top