sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
Jumat, 22 Mei 2020 16:39 WIB

Berbagi kontak di WhatsApp sekarang bisa pakai QR Code

Selain dukungan untuk berbagi QR Code, fitur baru ini juga memungkinkan pengguna untuk memindai QR Code kontak lainnya.

Berbagi kontak di WhatsApp sekarang bisa pakai QR Code
Source: Google

WhatsApp kali ini berbenah kembali dengan menambahkan fitur baru di aplikasinya. Pengguna WhatsApp Beta saat ini sudah bisa menggunakan QR Code sebagai informasi kontaknya. Hal ini melengkapi opsi menambahkan kontak WhatsApp selain menggunakan nomor telepon. 

Sebagaimana diketahui, WhatsApp versi Android memiliki dua versi, yakni stabil dan beta. Versi stabil merupakan versi yang banyak digunakan pengguna Android, dengan dukungan fitur yang sudah mapan. Sementara versi beta hadir dengan dukungan beberapa fitur yang sebenarnya masih dikembangkan oleh WhatsApp. 

Dilansir dari WABetaInfo (22/5), pada aplikasi WhatsApp Beta versi 2.20.171, pengguna sudah mulai dapat menggunakan QR Code ini. Selain dukungan untuk berbagi QR Code, fitur baru ini juga memungkinkan pengguna untuk memindai QR Code kontak lainnya. 

WhatsApp Beta saat ini sudah mendukung QR Code

QR Code ini dapat ditemukan pada menu Setting. Di samping informasi kontak, yang berisi nama dan foto pengguna, akan terdapat sebuah ikon bergambar QR Code. Ketuk ikon tersebut untuk melihat QR Code-nya. 

Dalam tab My Code, akan ditampilkan QR Code profil pengguna yang dilengkapi dengan foto dan nomor telepon. Sementara pada tab Scan QR Code, pengguna bisa memindai QR Code orang lain. 

Di menu yang sama, pengguna juga bisa membagikan QR Code mereka melalui beberapa aplikasi lain, baik dari ekosistem Facebook maupun di luar itu. QR Code ini tidak bersifat permanen. Pengguna WhatsApp bisa mengganti QR Code mereka dengan mengetuk tiga titik di kanan atas dan memilih Reset QR Code. 

Harus diperhatikan bahwa fitur ini hanya terdapat pada aplikasi WhatsApp Beta saja. Sayangnya belum diketahui dengan pasti kapan fitur ini akan meluncur untuk WhatsApp versi stabil bagi seluruh pengguna. 
 

Share
back to top