sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Jumat, 18 Mar 2022 12:00 WIB

Pengguna iPhone keluhkan masa baterai setelah update iOS 15.4

iOS 15.4 menyebabkan pengurasan baterai yang sudah biasa terjadi setiap Apple merilis pembaruan baru.

Pengguna iPhone keluhkan masa baterai setelah update iOS 15.4

Apple belum lama ini meluncurkan update iOS 15.4 yang menghadirkan fitur-fitur seperti Face ID ramah masker dan puluhan emoji baru dengan warna kulit yang variatif. Sayangnya, beberapa pengguna yang sudah mengunduh pembaruan ini mengalami masalah pada ketahanan baterainya 

Berdasarkan keluhan beberapa pengguna yang beredar di Twitter, iOS 15.4 menyebabkan pengurasan baterai. Untuk diketahui, masalah ini selalu terjadi setiap Apple merilis pembaruan iOS dan tampaknya tidak terkecuali untuk iOS 15.4.

Salah satu pengguna Twitter, Joey Castillo mengatakan iPhone miliknya hanya bisa mengisi daya hingga 97%. Namun ketika kabel dicabut, label baterai di layar menunjukkan 100% dan tidak lama kemudian lagnsung berkurang dengan cepat. 

Pengguna lain mengeluhkan iPhone 13 Pro Max yang biasanya dapat bertahan selama satu hari tanpa charging, kini berkurang setengahnya hanya dalam waktu setengah hari, setelah meng-install iOS 15.4

Menurut catatan Daily Mail yang dikutip dari BGR.com (18/3), pengurasan baterai pasca pembaruan iOS biasanya tidak terjadi secara permanen. Ini dapat terjadi karena kalibrasi ulang baterai yang dapat berlangsung selama berjam-jam atau beberapa hari.

“Ini tidak hanya menghabiskan daya, tetapi kalibrasi ulang baterai dapat memberi kesan bahwa baterai lebih cepat terkuras padahal sebenarnya tidak. Faktor ganda dari banyak pembaruan aplikasi yang terjadi setelah rilis baru, dikombinasikan dengan banyak fitur baru yang tersedia yang dapat menguras lebih banyak pada handset yang lebih lama,” kata Adrian Kingsley-Hughes dari ZDNet pada 2020 lalu.

Jadi, beri iPhone waktu beberapa hari untuk mengkalibrasi ulang baterai dan tidak perlu khawatir baterai rusak. Kemungkinan masa pakai baterai akan segera kembali normal, tergantung pada usia ponsel/ namun, tidak menutup kemungkinan performa baterai menurun. 

Untuk melihat kinerja baterai di iPhone, dapat dilakukan dengan membuka Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Share
×
tekid
back to top