sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
Jumat, 26 Jun 2020 09:52 WIB

Baru seminggu, WhatsApp Pay sudah diblokir di Brazil

Baru seminggu tersedia, Brazil langsung memblokir layanan pembayaran digital WhatsApp. Alasannya, Bank Sentral Brazil belum memiliki kesempatan untuk menganalisa layanan ini.

Baru seminggu, WhatsApp Pay sudah diblokir di Brazil

Baru sepekan sejak layanan pembayaran pada WhatsApp diluncurkan di Brazil, pemerintah negara tersebut segera memblokir layanan itu. Dalam pernyataan yang diberikan bank pusat Brazil, langkah itu dilakukan untuk menjaga lingkungan kompetisi pembayaran mobile yang kompetitif. 

Sebagaimana diketahui, pekan lalu, Facebook mengumumkan hadirnya layanan pembayaran melalui WhatsApp. Layanan itu sudah dapat digunakan oleh pengguna WhatsApp Business di negara tersebut. Melalui layanan itu, pengguna bisa berkirim uang ke orang lain, layaknya mengirimkan foto atau lampiran lain di WhatsApp. 

Menyusul pemblokiran layanan pembayaran itu, otoritas Brazil meminta Mastercard dan Visa untuk menunda semua aktivitas transfer uang melalui WhatsApp. Jika tidak memenuhi imbauan tersebut, keduanya akan diganjar sanksi dan denda administratif. Pasalnya kedua perusahaan inilah yang diketahui akan menjadi partner pembayaran pada WhatsApp. 

Dilansir dari TechCrunch (26/6), bank sentral Brazil menyatakan belum memiliki kesempatan untuk menganalisa layanan tersebut sebelum Facebook meluncurkan layanan pembayaran itu. Ini merupakan kemunduran lain yang dialami Facebook untuk menghadirkan layanan pembayaran dari WhatsApp yang selama ini dikenal dengan WhatsApp Pay. 

Sebelumnya, Facebook sudah menguji coba WhatsApp Pay di India, yang menjadi pasar terbesar aplikasi ini. Namun di negara tersebut, layanan ini masih belum dapat diluncurkan karena belum menerima persetujuan dari otoritas negara tersebut. Facebook juga diketahui sudah menguji coba layanan yang sama di Meksiko. 

Bukan tanpa alasan Facebook memilih negara-negara tersebut. India, Brazil dan Meksiko menjadi tiga pasar terbesar yang dimiliki WhatsApp saat ini. Namun karena berbagai kendala, layanan WhatsApp Pay sampai saat ini belum bisa diluncurkan. 

Seorang juru bicara WhatsApp yang tidak disebutkan namanya menyatakan bahwa tujuan layanan ini adalah untuk menggunakan model terbuka. Untuk itu, WhatsApp berniat bekerja sama dengan partner lokal dan Bank Sentral di Brazil untuk mewujudkannya. 

“Sebagai tambahan, kami mendukung proyek PIX milik Bank Sentral untuk layanan pembayaran digital dan bersama partner, kami berkomitmen untuk bekerja dengan Bank Sentral untuk mengintegrasikan sistem kami ketika PIX sudah tersedia.” kata juru bicara itu. 

PIX merupakan layanan pembayaran digital milik Bank Sentral Brazil. Dalam proyek ini. Bank Brazil sudah menjalin kerja sama dengan 1000 pemain industri di negara tersebut. Kabarnya PIX akan meluncur pada November mendatang. 

Sampai saat ini, belum diketahui apakah WhatsApp dan dua partner bisnisnya, Mastercard dan Visa sudah memenuhi permintaan otoritas Brazil. Namun, jika benar PIX akan tersedia pada November mendatang dan proses integrasi yang dimaksudkan WhatsApp berjalan dengan baik, kemungkinan besar layanan ini akan kembali tersedia pada tahun ini. 
 

Share
back to top