AWS bekerjasama dengan pemerintah Indonesia beri pelatihan cloud

Amazon Web Services (AWS) gelar bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan keterampilan cloud computing bagi masyarakat Indonesia.

AWS bekerjasama dengan pemerintah Indonesia beri pelatihan cloud

Amazon Web Services (AWS) baru saja menggelar AWS Cloud Day Jakarta 2019, yang mengumumkan rencana program peningkatan keterampilan cloud computing untuk membantu transformasi digital Indonesia. Misi mereka termasuk menargetkan pelatihan kepada ratusan ribu sumber daya manusia di Indonesia dalam berbagai keahlian layanan cloud hingga tahun 2025 mendatang. Untuk mewujudkan hal tersebut, AWS bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dan instansi pelatihan terkait lainnya. Seperti pada lembaga pendidikan dan AWS Partner Network (APN).

"Dengan membantu membuka basis talenta secara masif yang dimiliki Indonesia melalui berbagai inisiatif peningkatan di bidang cloud, AWS dapat membantu membangun bakat Indonesia yang pada akhirnya akan meningkatkan potensi ekonomi negara. Kami percaya bahwa sumber daya manusia yang siap kerja dengan kecakapan cloud di masa depan adalah salah satu pilar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi negara," kata Country Leader AWS Indonesia, Gunawan Susanto.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Cloudera Luncurkan Data Cloud Enterprise dengan kemampuan analitik mandiri

Arsitektur hingga sistem keamanan, tambah deretan solusi Alibaba Cloud

Software AG kerja sama dengan Microsoft hadirkan Cloud Migration Accelerator


Amazon mengklaim, saat ini telah terdapat ribuan talenta Indonesia yang berpartisipasi dalam tiga program AWS, yakni AWS Educate, AWS Academy, dan AWS Training & Certification. Semua program tersebut bekerja sama dengan lembaga pemerintah, institusi pendidikan, APN, dan lainnya. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan sertifikasi baru di berbagai bidang, seperti AWS Cloud, big data, security, machine learning, AI, dan lainnya.

Pada AWS Educate, akan memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang cloud computing yang ditujukan bagi siswa dan pengajar secara gratis. Diklaim semua lembaga tingkat pendidikan tinggi di Indonesia dapat mendaftar dan mengikuti program AWS Educate ini. Sedangkan AWS Academy, menghadirkan kursus yang berfokus pada keterampilan cloud computing bagi lembaga pendidikan tinggi. Program ini juga memberikan pengembangan profesional gratis bagi para pengajar untuk mendapatkan akreditasi mengajar kursus AWS Academy.

Sementara pada AWS Training and Certification, mereka meluncurkan pusat pelatihan digital online gratis yang menyelenggarakan ratusan kursus pelatihan digital mandiri tentang layanan AWS. Pusat pelatihan digital ini menawarkan 12 mata pelajaran dalam cloud computing untuk semua tingkat pendidikan tinggi. Pusat Pelatihan Digital juga berencana meluncurkan Cloud Practitioner Essentials berupa kursus yang mencakup dasar-dasar cloud AWS, untuk membantu peserta mengembangkan kecakapan cloud dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian AWS Certified Cloud Practitioner.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: