sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Senin, 24 Apr 2023 08:09 WIB

ARM tunjukkan teknologinya lewat prosesor buatan sendiri

ARM sedang mengembangkan semikonduktornya sendiri untuk memamerkan kemampuan produknya.

ARM tunjukkan teknologinya lewat prosesor buatan sendiri

Bangkitnya prosesor ARM terus berlanjut secara pasti. Kemajuan ini didorong oleh semakin populernya ponsel, serta perkembangan dan peningkatan permintaan sistem operasi maupun aplikasi. Selama beberapa tahun terakhir prosesor seri Apple M1 telah menambahkan dimensi baru pada tren ini.

Seperti yang kita ketahui, komputer yang menggunakan prosesor seri M berbasis ARM saat ini menantang pesaing mereka yang jauh lebih mahal dalam hal performa dan efisiensi. Meskipun satu atau dua upaya Microsoft gagal, pabrikan lain tidak menanggapi langkah kritis Apple. Menurut klaim, ARM mengambil tindakan dan sedang membangun semikonduktornya sendiri untuk memamerkan kemampuan produknya.

Dilansir dari Gizmochina (24/4), ARM sedang mengembangkan semikonduktornya sendiri untuk memamerkan kemampuan produknya. Sebagai informasi, perusahaan itu tidak berencana untuk bersaing dengan produknya sendiri.

Sebaliknya, ARM bertujuan untuk mendemonstrasikan apa yang dapat dilakukan oleh prosesor mobile yang dikembangkan menggunakan teknologinya di perangkat seperti PC/laptop dan ponsel. Misalnya, Qualcomm kadang-kadang membuat ponsel untuk memamerkan fitur-fitur prosesor flagship mereka yang baru, tetapi ini hanya produk sampel dan tidak untuk dijual. Situasi serupa berlaku di sini.

Tentu saja, saat ini, hal itu hanya klaim. Namun, jika rumor tersebut benar, ARM akan bekerja sama dengan mitra manufaktur untuk mengembangkan semikonduktor baru tersebut. Prosesor yang dikembangkan akan menjadi purwarupa untuk digunakan di laptop dan ponsel. Perusahaan itu kemungkinan berharap untuk mendapatkan lebih banyak mitra bisnis dan meningkatkan nilai pasarnya sebelum IPO mendatang, tetapi ada masalah yang signifikan.

Keberhasilan prosesor Apple seri M berasal dari keselarasan yang dicapai antara perangkat lunak dan perangkat keras. Perusahaan yang berbasis di Cupertino itu telah memberikan dukungan kuat untuk prosesor barunya sejak hari pertama dan telah "memaksa" semua aplikasi di pasar untuk bekerja dengan prosesor berbasis ARM ini.

Ketika mengacu kepada Windows, kita melihat sistem operasi yang lebih umum yang mendukung arsitektur x86. Meskipun Microsoft memiliki sistem operasi untuk prosesor berbasis ARM, ini kurang optimal. Oleh karena itu, menampilkan kemampuan prosesor yang sedang dikembangkan oleh ARM mungkin agak menantang.

Share
×
tekid
back to top