sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Rabu, 15 Jun 2022 18:18 WIB

Apple Watch bisa bantu dokter untuk pantau pasien Parkinson

Sensor gerak yang terdapat pada jam tangan pintar Apple Watch ternyata dapat menjadi alat untuk membantu dokter memantau pasien Parkinson.

Apple Watch bisa bantu dokter untuk pantau pasien Parkinson
Apple

Sensor gerak yang tertanam di Apple Watch ternyata dapat menjadi alat yang berguna bagi dokter dan pasien Parkinson. Lewat smartwatch ini, gejala umum dari pengidap Parkinson dapat dideteksi dan dilacak dari waktu ke waktu. 

Informasi dari Reuters mengungkap, Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA) telah memberikan ijin kepada pengembang watchOS, Rune Labs untuk melacak gejala penyakit Parkinson dengan menggunakan Apple Watch. Seperti dilansir dari Engadget (15/6), Rune Labs menciptakan perangkat lunak untuk watchOS yang dapat mendeteksi gejala umum Parkinson seperti tremor, gerakan yang tidak disengaja atau lambat, kekakuan dan keseimbangan yang buruk. 

Perangkat lunak ini pertama kali ditanamkan pada smartwatch Apple generasi keempat yaitu Apple Watch Series 4. Jam tangan pintar yang diluncurkan tahun 2018 ini mempunyai fitur yang dapat mendeteksi benda jatuh dan menawarkan metric aktivitas pada tingkat lanjut. 

Pada tahun yang sama, perusahaan Apple turut menambahkan Movement Disorder API ke ResearchKit open-source. Hal ini membuka pintu bagi pengembang dalam membuat aplikasi watchOS untuk melacak gejala Parkinson dan penyakit lainnya. 

Rune Labs menjadi pengembang pertama yang menggunakan API untuk tujuan komersil. Sistem operasi watchOS dari pengembang ini dapat memberikan akses kepada dokter untuk melihat pergerakan pasien dari waktu ke waktu. Sehingga mampu melengkapi informasi yang diperoleh dari pemeriksaan fisik secara langsung. 

Sebagai informasi, perusahaan Apple telah lama fokus untuk memperluas dan mengembangkan kemampuan pelacakan kesehatan dan kebugaran pada smartwatch mereka. Meski demikian, Rune Labs mengungkap, Apple Watch belum mampu memberikan gambaran lengkap kepada pasien mengenai gangguan yang mereka idap. 

“Tentu saja, ada batasan untuk perangkat Gangguan Gerakan Apple, tremor dan diskinsia hanya dua gejala pada penyakit Parkinson. Dan pengklasifikasian itu sendiri belum sempurna,” tulis pendiri Rune Labs, Brian Pepin dalam postingan sebuah blog. 
 

Share
×
tekid
back to top