sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
Jumat, 07 Jun 2024 09:39 WIB

Apple siap luncurkan fitur "Smart Replies" berbasis AI di iOS 18

Fitur "Smart Replies" ini memungkinkan pengguna mengirim balasan email otomatis yang dihasilkan oleh AI langsung di perangkat.

Apple siap luncurkan fitur

Apple akan mengungkap fitur berbasis AI terbaru pada iOS 18, yang disebut sebagai pembaruan terbesar dalam sejarah iOS, pada Senin mendatang. Salah satu aplikasi yang akan mengalami transformasi signifikan adalah Mail iOS, yang akan dilengkapi dengan "Smart Replies" menggunakan teknologi Ajax LLM (Large Language Module) milik Apple.

Dilansir dari Phone Arena (7/6), fitur "Smart Replies" ini memungkinkan pengguna mengirim balasan email otomatis yang dihasilkan oleh AI langsung di perangkat. Selain meningkatkan efisiensi, fitur ini juga memberikan opsi kepada pengguna untuk menyesuaikan nada balasan agar lebih profesional, ramah, atau lebih mudah dipahami oleh penerima.

"Smart Replies" diharapkan menjadi solusi penting bagi perusahaan yang harus menangani sejumlah besar email pelanggan. Teknologi ini akan menghemat waktu dan usaha dengan menyediakan balasan otomatis yang relevan dan tepat.

Tidak hanya itu, Project BlackPearl juga akan memperkenalkan sistem klasifikasi email berdasarkan konten, memungkinkan email untuk dikelompokkan ke dalam kategori seperti Komersial, Berita, Lain-lain, Promosi, Sosial, dan Transaksi. Klasifikasi ini akan membantu Siri dalam mengidentifikasi jenis email dan memberikan ringkasan singkat tentang isinya.

Menurut sumber dari AppleInsider, iOS 18 dan macOS 15 akan memperkenalkan kemampuan AI untuk merangkum berbagai jenis teks, termasuk email, pesan, notifikasi, catatan, postingan, teks pengguna, dan artikel berita. Summarization AI ini akan menawarkan beberapa jenis ringkasan:

 

  • Ringkasan topik: Menggunakan tiga kata utama untuk mengidentifikasi konsep inti.
  • Ringkasan 10 atau 20 kata: Menggunakan klausa pendek.
  • Ringkasan paragraf: Tiga kalimat yang mencakup inti dari teks, maksimal 60 kata.

 

Kemampuan ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat memahami inti dari komunikasi yang diterima, yang dihasilkan oleh AI di perangkat atau melalui kerjasama dengan OpenAI untuk rangkuman lebih canggih.

Pembaharuan AI ini akan mengubah cara Siri beroperasi, menjadikannya lebih intuitif dan efisien. Siri akan dapat menganalisis dan merangkum email, rangkaian email, dan berbagai jenis teks lainnya, meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Aplikasi Foto dan Catatan juga akan mendapatkan peningkatan, dengan Siri yang mampu meningkatkan kualitas gambar, menemukan foto tertentu, dan menganalisis dokumen untuk dibagikan.

Selain itu, AI di iOS 18 akan memungkinkan penciptaan dan pengeditan gambar, termasuk animasi, emoji, ilustrasi, seni garis, dan sketsa. Fitur ini akan memperkaya kemampuan visual pengguna, dengan AI yang mampu membuat emoji berdasarkan petunjuk kontekstual. Seluruh rangkaian fitur baru ini akan diperkenalkan pada WWDC 2024, yang dimulai pada Senin, 10 Juni, pukul 10 pagi PDT (1 siang EDT). 

Share
×
tekid
back to top