sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 20 Mei 2024 14:58 WIB

Dalam 3 tahun, Apple selamatkan pengguna dari penipuan lebih dari USD7 Miliar

Apple telah mencegah lebih dari 14 juta kartu kredit yang dicuri dan 3,3 juta akun dari melakukan transaksi di App Store.

Dalam 3 tahun, Apple selamatkan pengguna dari penipuan lebih dari USD7 Miliar

Apple baru-baru ini mengumumkan bahwa dari tahun 2020 hingga 2023, perusahaan berhasil mencegah transaksi penipuan senilai lebih dari USD7 miliar di App Store. Tahun lalu, raksasa teknologi ini menghentikan transaksi mencurigakan senilai lebih dari USD1,8 miliar. Selama periode yang sama, Apple juga mencegah lebih dari 14 juta kartu kredit yang dicuri dan 3,3 juta akun dari melakukan transaksi di App Store.

Dilansir dari Phone Arena (20/5), tidak hanya menghentikan upaya penipuan pembayaran, Apple juga berhasil memblokir aplikasi-aplikasi penipuan dari terdaftar di App Store. Tahun lalu, lebih dari 1,7 juta pengajuan daftar aplikasi ditolak oleh Apple karena tidak memenuhi standar privasi, keamanan, dan konten yang telah ditetapkan.

Sebanyak 248.000 permintaan daftar aplikasi ditolak karena dianggap sebagai spam, aplikasi tiruan, atau dirancang untuk menyesatkan pengguna.

Apple juga tidak mengizinkan lebih dari 38.000 aplikasi terdaftar di App Store karena memiliki "fitur tersembunyi atau tidak terdokumentasi". Lebih dari 375.000 aplikasi ditolak karena pelanggaran privasi. Aplikasi paling berbahaya adalah yang awalnya tampak tidak berbahaya tetapi setelah diinstal berubah menjadi aplikasi berbahaya.

Apple mempromosikan keberhasilan mereka dalam melindungi pengguna App Store dari penipuan dengan menyatakan, "Pelaku jahat menggunakan taktik menipu untuk merugikan pengguna, termasuk praktik menyamarkan aplikasi berisiko sebagai produk yang tampak tidak berbahaya."

"Selama tahun lalu, ada banyak contoh di mana Tinjauan Aplikasi mengidentifikasi aplikasi yang awalnya disalah artikan sebagai produk yang tidak berbahaya, seperti editor foto atau permainan teka-teki yang kemudian berubah menjadi platform streaming film bajakan, aplikasi perjudian ilegal, atau pemberi pinjaman yang menipu dan predator."

Apple juga menyebutkan adanya aplikasi layanan keuangan berbahaya yang dikembangkan dengan tujuan semata-mata untuk menipu konsumen. Aplikasi ini juga digunakan untuk membantu kampanye phishing dengan menyamar sebagai aplikasi sah yang dibuat oleh perusahaan terkenal.

"Melalui kerja berkelanjutan untuk meninjau setiap pengajuan aplikasi dan menyelidiki aplikasi bermasalah di App Store, Tinjauan Aplikasi pada tahun 2023, menghapus atau menolak 40.000 aplikasi dari pengembang yang terlibat dalam aktivitas tipu-muslihat," tulis Apple dalam rilis berita mereka.

Tinjauan Aplikasi akan mengambil tindakan terhadap aplikasi yang dilaporkan sebagai penipuan atau berbahaya oleh pengguna yang menggunakan fitur "Laporkan Masalah" Apple. Aplikasi semacam itu segera dihapus dari App Store dan pengembang aplikasi tersebut menghadapi pemutusan dari Program Pengembang Apple.

Tahun lalu, Apple mengatakan bahwa Tinjauan Aplikasi mencegah hampir 98.000 aplikasi penipuan dari menjadi tersedia bagi pengguna App Store.

Banyak pengunjung App Store yang mendasarkan keputusan pembelian mereka pada penilaian dan ulasan aplikasi, yang membuatnya menjadi alat yang berguna bagi pelaku jahat yang ingin membuat masyarakat yang tidak curiga menginstal aplikasi berbahaya. Pada tahun 2023, Apple memproses lebih dari 1,1 miliar penilaian dan ulasan dengan hampir 152 juta penilaian dan ulasan penipuan dihapus dari App Store.

Tujuan Apple dalam menyampaikan ini bukan hanya untuk membanggakan sistem yang mereka miliki untuk mencegah penipuan di App Store, tetapi juga untuk membuat pengguna merasa aman dan nyaman saat menginstal aplikasi, atau melakukan pembelian dalam aplikasi melalui App Store.

Share
×
tekid
back to top