sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Selasa, 21 Mei 2024 11:07 WIB

Apple rahasiakan pertemuan dengan TSMC untuk amankan produksi chip 2nm untuk seri A, seri M, dan chip AI baru

Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) menyatakan bahwa mereka akan mulai memproduksi massal chip 2nm pada paruh kedua tahun 2025.

Apple rahasiakan pertemuan dengan TSMC untuk amankan produksi chip 2nm untuk seri A, seri M, dan chip AI baru

Apple dilaporkan telah mengadakan pertemuan rahasia dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) untuk mengamankan kapasitas produksi chip 2nm yang akan datang. Berdasarkan laporan dari Economic Daily News yang disampaikan oleh TrendForce dan 9to5Mac (21/5), Chief Operating Officer (COO) Apple Jeff Williams bertemu dengan Presiden dan Co-Chief Executive Officer (CEO) TSMC C.C. Wei. Pertemuan tersebut kabarnya difokuskan pada keinginan Apple untuk memastikan kapasitas produksi untuk chip AI internal mereka.

Sebagai pelanggan terbesar TSMC, Apple sering mendapatkan perlakuan istimewa. Tahun lalu, Apple berhasil mengamankan semua kapasitas produksi 3nm TSMC, yang memungkinkan mereka untuk melengkapi model iPhone 15 Pro dengan prosesor aplikasi (AP) 3nm pertama dan satu-satunya yang digunakan pada smartphone yang dirilis pada tahun 2023 dan sejauh ini pada tahun 2024. Chipset A17 Pro, yang dibangun pada node proses 3nm generasi pertama TSMC (N3B), saat ini digunakan untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Mengamankan seluruh kapasitas 3nm TSMC juga membantu Apple mendapatkan chip M4 3nm yang digunakan pada tablet iPad Pro (2024) yang baru dirilis. TSMC menyatakan bahwa mereka akan mulai memproduksi massal chip 2nm pada paruh kedua tahun depan. Tahun ini, semua empat model iPhone 16 baru akan ditenagai oleh AP A18 yang diproduksi menggunakan node 3nm generasi kedua (N3E) dari TSMC. Seri iPhone 16 Pro akan dilengkapi dengan SoC A18 Pro sementara model non-Pro akan menggunakan SoC A18.

Selain AP Seri A yang dibuat untuk iPhone, dan chip Seri M yang digunakan untuk Mac dan iPad, Apple dilaporkan sedang bekerja keras merancang chip AI baru yang akan digunakan untuk pusat data yang mendukung AI berbasis cloud. Apple ingin menggunakan pemrosesan AI di perangkat untuk menjaga privasi pengguna sambil memberikan hasil yang lebih cepat. Namun, mereka juga perlu memungkinkan beberapa pemrosesan dilakukan di cloud untuk memaksimalkan kemampuan AI mereka.

Untuk pemrosesan AI berbasis cloud, Apple berencana mengisi pusat datanya dengan server yang pada awalnya akan berjalan pada chip M2 Ultra 5nm. Chip tersebut saat ini ditemukan di dalam Mac Pro dan Mac Studio.

Share
×
tekid
back to top