sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Kamis, 15 Sep 2022 17:53 WIB

Apple pilih TSMC untuk produksi chip 3nm M3 dan A17 Bionic

Chipset generasi selanjutnya dari Apple yakni M3 dan A17 Bionic akan diproduksi oleh perusahaan manufaktur TSMC.

Apple pilih TSMC untuk produksi chip 3nm M3 dan A17 Bionic
Ilustrasi: Pixabay

Apple dilaporkan telah memilih TSMC sebagai perusahaan yang bakal memproduksi chipset besutan mereka selanjutnya. Nantinya, TSMC akan bertanggung jawab memproduksi chipset M3 serta A17 Bionic. 

Dilansir dari Sammobile (15/9), Apple tampaknya bakal menggunakan fabrikasi N3E (3nm) dari TSMC untuk memproduksi prosesor M3 serta A17 Bionic di masa depan. Proses ini akan menandai transisi pertama perusahaan asal Cupertino tersebut dari fabrikasi 5nm. 

Lebih lanjut, chipset 3nm yang akan diproduksi oleh TSMC ini tampaknya bakal diboyong Apple ke varian iPhone premium yang rilis tahun depan. Sementara untuk model yang lebih murah, perusahaan ini diprediksi tetap akan menyematkan prosesor A16 Bionic di perangkat iPhone generasi terbaru mereka. 

Meskipun TSMC memproduksi chipset terbaru dari Apple, perusahaan ini tetap akan mengakuisisi beberapa komponen dari perusahaan lain. Salah satu perusahaan yang bakal digandeng oleh TSMC yakni Samsung. 

Seperti diketahui, Samsung Electro-Mechanics selama ini telah menyediakan substrat FC-BGA (full-chip ball grid array) untuk chip M1 dan M2. Substrat ini diperlukan untuk membuat CPU dan GPU yang memiliki kepadatan koneksi sirkuit tinggi. Berdasarkan laporan Sammobile, tampaknya komponen ini juga akan dibutuhkan TSMC untuk memproduksi prosesor Apple generasi selanjutnya. 

Apple tampaknya akan menggunakan lini produksi 3nm TSMC secara eksklusif untuk prosesor mereka tahun depan. Ini berarti TSMC akan mendapatkan peran yang besar dalam rencana produksi chipset terbaru untuk perangkat iPhone serta Macbook di masa depan. 
 

Share
×
tekid
back to top