sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
Senin, 07 Okt 2019 11:02 WIB

Apple minta TSMC tambah produksi A13 Bionic, AMD kena imbasnya

Baik Apple dan AMD diketahui menggunakan jasa TSMC untuk memproduksi chipset 7nm generasi terbaru mereka.

Apple minta TSMC tambah produksi A13 Bionic, AMD kena imbasnya
A13 Bionic (Trusted Review)

TSMC saat ini menjadi salah satu pabrikan chipset 7nm yang paling banyak memiliki klien penting. Sebut saja AMD, yang mempercayakan produksi chipset 7nm untuk prosesor Zen 2 dan chipset GPU terbaru mereka kepada TSMC.

Namun, para penggemar AMD dikabarkan mendapatkan sebuah kabar yang kurang mengenakkan. Hal ini dikarenakan Apple yang juga menjadi rekanan TSMC akan menggunakan sebagian besar lini produksi TSMC untuk memproduksi prosesor A13 Bionic mereka.

Hal ini dikarenakan permintaan pembelian produk iPhone 11 dikabarkan melejit dengan keras. Apple pun dikabarkan meminta TSMC untuk meningkatkan produksi prosesor mereka hingga sebesar 10 persen.

Dengan ditingkatkannya produksi prosesor A13 Bionic menunjukkan bahwa akan ada peningkatan perakitan iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max sebesar 8 juta perangkat.

Yang parahnya, hal ini akan semakin mempengaruhi tingginya kekosongan dalam produksi prosesor AMD. Saat ini saja, pasokan prosesor tertinggi AMD, yakni Ryzen 9 3900X sudah sangat tipis, seperti dilaporkan TechRadar (7/10/2019).

Bahkan beberapa negara, seperti Indonesia, hanya baru mendapatkan sekira 20 unit saja untuk dijual.

Yang jadi pertanyaan baru adalah bagaimana dengan nasib prosesor baru AMD lainnya yang akan diluncurkan Oktober ini, yakni Ryzen 9 3950X. AMD telah memundurkan jadwal peluncuran prosesor tersebut selama satu bulan tanpa ada alasan yang jelas.

Selain itu, pertanyaan lain sekitar GPU AMD terbaru, yakni Radeon RX 5500 series --yang menggunakan teknologi fabrikasi 7nm juga dipertanyakan. Ketersediaan GPU yang akan diluncurkan awal minggu ini pun akan menjadi sebuah pertanyaan besar.

Sayangnya, hingga saat ini baik pihak TSMC, Apple, dan AMD masih belum memberikan konfirmasi resmi terkait dengan kabar tersebut.
 

Share
×
tekid
back to top