Apple masukkan pesan rahasia di video YouTube

Apple ternyata memasukkan sebuah pesan rahasia dalam sebuah video YouTube mengenai ringkasan acara peluncuran produknya beberapa waktu lalu.

Apple masukkan pesan rahasia di video YouTube Source: Cnet

Apple sudah resmi mengumumkan kehadiran trio iPhone 11 beberapa waktu lalu. Tak butuh waktu lama, perusahaan ini langsung merilis sebuah video yang berisi rangkuman acara tersebut. Seluruh acara itu dipadatkan dengan durasi dua menit saja. 

Nah, ada yang menarik di tengah-tengah video tersebut. Apple kedapatan memasukkan kata rahasia dengan durasi yang sangat singkat. Saking singkatnya, pesan itu disebut-sebut sulit ditangkap untuk diterjemahkan. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple: iPhone 11 berbagi data, tidak mengoleksinya

Floppy Disk bertandatangan Steve Jobs terjual Rp1,1 miliar

Apple tidak akan gunakan port lightning di produk iPhone 2021


Pesan rahasia ini pertama kali disadari oleh Gcarsk. Ia kemudian mempostingnya di reddit. TechCrunch (13/9) menyebut bahwa durasi pesan tersebut hanya berlangsung sepersekian detik saja. Untuk mendapatkan tampilan jelas, perlu ketepatan yang presisi ketika menekan tombol pause. Pesan itu sendiri hadir setelah narator berkata “the best-selling PC”. Saat itulah muncul kedipan yang berisi pesan rahasia. 

Pesan itu tampil dengan background berwarna biru. Sekilas seperti warna biru ketika komputer mengalami blue screen. Kemudian tertulis pesan yang berbunyi: Error 09102019. Ini kemungkinan besar merujuk pada waktu dimana Apple memperkenalkan iPhone 11 dan beberapa perangkat lain besutannya. 

Selanjutnya di bagian bawah pesan error, terdapat pemberitahuan dari Apple, bahwa pesan rahasia itu merupakan sebuah easter egg. Kemudian di bawahnya berderet bilangan biner. Tugas selanjutnya adalah menerjemahkan bilangan tersebut menjadi sebuah kalimat rahasia yang ingin diberitahukan Apple.  

Nah, coba lihat video di bawah ini. Perhatikan kedipan berwarna biru setelah narator mengucapkan kata “the best-selling PC”, berikut ini: 

Setelah diterjemahkan, pesan rahasia itu akan berbunyi: “So you took the time to translate this? We love you.” 

Nyatanya pesan tersembunyi itu hanyalah sebuah sapaan dari Apple. Setidaknya kita tidak penasaran dengan apa yang hendak disampaikan Apple dalam video tersebut. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: