sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
Rabu, 15 Sep 2021 13:57 WIB

Apple klaim A15 Bionic lebih kencang dari para pesaing

Dalam peluncuran iPhone 13 terbaru, Apple mengatakan A15 Bionic mereka 30% lebih kencang dari para pesaingnya.

Apple klaim A15 Bionic lebih kencang dari para pesaing

Apple baru saja secara resmi memperkenalkan jajaran iPhone 13 series mereka melalui acara bertajuk “California Streaming”. Ketiga varian iPhone terbaru ini hadir dengan berbagai peningkatan, termasuk SoC yang mereka gunakan.

Seperti diketahui, Apple menggunakan A15 Bionic untuk ketiga varian iPhone 13. Menurut pihak Apple, SoC ini memiliki performa yang lebih baik jika dibandingkan para pesaingnya (yang kami asumsikan adalah A14 Bionic).

Dalam acara tersebut, perusahaan asal Cupertino tersebut memang tidak membicarakan secara spesifik mengenai spesifikasi dari SoC tersebut. Namun, ada beberapa poin yang dibagikan oleh Apple terkait dengan spesifikasi dari A15 Bionic.

Mereka mengatakan bahwa A15 Bionic memiliki performa 30% lebih baik jika dibandingkan dengan pesaingnya. Namun, mereka tidak menyediakan data apapun untuk membuktikan klaim tersebut.

Apple mengatakan bahwa mereka menggunakan teknologi fabrikasi 5nm di SoC terbaru mereka. Secara total, A15 Bionic akan memiliki total 15 miliar transistor, dimana lebih besar dibanding A14 Bionic yang hanya memiliki 11.8 miliar transistor.

A15 Bionic juga hadir dengan kemampuan untuk memproses 15,8 triliun operasi per detik. Tentu saja, hal ini memang terdengar sangat mengesankan bagi para pengguna teknologi awam.

Soc ini juga akan hadir dengan CPU dengan 6 inti, dimana dua inti memiliki kinerja tinggi dan empat inti merupakan inti efisiensi. Pengguna juga akan mendapatkan 4 GPU core di iPhone 13 dan iPhone 13 mini dan hingga 5 GPU core di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Di atas kertas, ini merupakan peningkatan sekitar 30% jika dibandingkan dengan A14 Bionic. Tapi, mereka tidak memberikan informasi apapun terkait dengan kecepatan baik CPU dan GPU dari SoC tersebut.

Bionic juga mendukung sistem kamera baru, termasuk kamera ultrawide 12MP baru dan sensor pemindah dari lini Pro Max generasi sebelumnya. Ada juga mode sinematik baru untuk perubahan perspektif yang dramatis.

Perusahaan menjanjikan masa pakai baterai yang lebih baik, lebih dari 1,5 jam lebih lama untuk iPhone 13 mini daripada iPhone 12 mini, dan 2,5 jam lebih lama untuk iPhone 13 daripada iPhone 12. Ini sebagian berasal dari CPU yang lebih efisien.

Share
×
tekid
back to top