sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
Rabu, 24 Jan 2024 17:06 WIB

Tak mau kalah dengan Samsung, Apple kini serius garap AI untuk iPhone

Apple dikabarkan sedang fokus mengerjakan fitur AI untuk diluncurkan ke seluruh perangkat iPhone dalam waktu dekat ini.

Tak mau kalah dengan Samsung, Apple kini serius garap AI untuk iPhone

Apple tampaknya semakin serius menggarap proyek Artificial Intelligence (AI) untuk dihadirkan ke iPhone. Setelah kompetitornya yakni Samsung menghadirkan Galaxy AI beberapa waktu lalu, Apple tidak mau kalah dan sekarang sedang mempercepat pekerjaan proyek pengembangan AI tersebut.

Merujuk Financial Times (24/1), Apple akan secara bertahap menambahkan fitur generative AI pada iPhone, itu terlihat dari langkah awal perusahaan untuk mempekerjakan sejumlah teknisi handal demi membuat update terutama pada sisi hardware. Setelah itu, Apple akan lebih fokus untuk pengembangan AI dari segi software sebelum nantinya dapat dilakukan uji coba menjelang perilisannya.

Daniel Ives, Managing Director and Senior Equity Research Analyst di Wedbush Securities mengatakan bahwa Apple saat ini sedang dalam momentum yang tepat untuk mengejar ketertinggalannya dalam teknologi AI. Mengingat bila tidak dilakukan pada tahun ini, maka Apple akan semakin sulit untuk mengejar para kompetitornya mulai 2025 mendatang.

"Mereka sudah bersiap dengan melakukan sejumlah perekrutan penting," ucap Daniel Ives. "Saya bakal terkejut bila mereka tidak segera melakukan pengembangan AI pada tahun ini, itu karena persaingan teknologi AI kini sedang panas-panasnya, dan Apple sejauh ini belum memberikan langkah konkret untuk menghadapi situasi tersebut," tambahnya. 

Menurut catatan penelitian terbaru dari Morgan Stanley, sebagian besar lowongan pekerjaan di Apple saat ini mencantumkan istilah Deep Learning, yang mana sangat berkaitan dengan aspek pengembangan AI. Itu berarti Apple tengah berupaya mengembangkan AI terutama untuk bisa memproses data mulai dari tulisan, suara hingga kode dalam beberapa detik saja.

Adapun pesaing terdekat dari Apple yakni Google diketahui juga sudah terlebih dahulu merekrut pakar AI ternama yakni John Giannandrea pada 2018 silam. Terbukti, dengan langkah tersebut kini Google semakin masif menghadirkan berbagai fitur AI yang sangat canggih untuk para penggunanya, seperti Gemini. 

Share
×
tekid
back to top