sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
Jumat, 14 Agst 2020 09:00 WIB

Apple dan Google blokir gim Fortnite dari toko aplikasi mereka

Apple dan Google memblokir gim Fortnite di App Store dan Play Store dikarenakan melakukan bypass pembelian di dalam gim.

Apple dan Google blokir gim Fortnite dari toko aplikasi mereka
Fortnite

Epic Games baru saja membuat keputusan yang cukup mengejutkan. Dalam berita sebelumnya, mereka mengumumkan para gamer dapat membeli V-Bucs secara langsung tanpa harus melewati Google Play Store atau Apple Store. Mereka juga memberikan potongan harga jika para penggemar Fortnite melakukan transaksi secara langsung.

Hal ini memang wajar mengingat mereka memiliki toko gim digital tersendiri. Namun ternyata Apple dan Google tidak senang dengan apa yang telah mereka lakukan. Segera setelah Epic Games mengumumkan hal tersebut, Apple langsung memblokir gim tersebut dari Apple Store.

Perwakilan Apple mengatakan Epic Games telah mengambil langkah yang tidak menguntungkan karena melanggar pedoman App Store yang berlaku sama untuk setiap pengembang dan dirancang untuk menjaga pengguna mereka, yang berujung ke pemblokiran.

“Epic mengaktifkan fitur di aplikasinya yang tidak ditinjau atau disetujui oleh Apple, dan mereka melakukannya dengan maksud melanggar pedoman App Store terkait pembayaran dalam aplikasi yang berlaku untuk setiap pengembang yang menjual barang atau layanan digital,” kata perwakilan Apple, seperti dikutip dari The Verge (14/8).

Setelah Apple memilih untuk memblokir Fortnite dari App Store, Google pun mengikuti langkah yang sama. Mereka segera melakukan pemblokiran Fortnite di Play Store, sehingga penggunanya tidak akan mendapatkan update otomatis dari Google.

“Ekosistem Android yang open platform memungkinkan pengembang mendistribusikan aplikasi melalui toko aplikasi. Untuk pengembang game yang memilih menggunakan Play Store, kami memiliki kebijakan konsisten yang adil bagi pengembang dan menjaga keamanan toko bagi pengguna,” kata juru bicara Google.

Pemblokiran ini pun dirasa masuk akal bagi Apple dan Google dikarenakan mereka mendapatkan insentif dari setiap pembelian di dalam gim melalui Apple Store dan Play Store. Keduanya mendapatkan komisi sekitar 30% dari setiap pembelian. Dan mengingat pendapatan keduanya dari aplikasi di toko digital mereka selama beberapa tahun ini, sudah dipastikan mereka tak ingin kehilangan keuntungan tersebut.

Saat ini, Apple dan Google sedang dalam tahap pembicaraan dengan perwakilan Epic Games. Namun, masih belum diketahui apakah ada jalan tengah bagi masalah ini yang bisa menguntungkan semua pihak.

Terakhir, Apple dan Google mengatakan para gamer tak perlu khawatir tidak dapat memainkan gim tersebut di perangkat mereka. Pemblokiran aplikasi ini hanya dilakukan untuk mereka yang baru ingin memasang Fortnite, sedangkan bagi mereka yang sudah memasang gim tersebut masih dapat memainkannya.

Share
×
img
×
tekid
back to top