Apple Card belum seaman yang dibanggakan Apple

Apple Card masih berpotensi dibajak orang lain. Seorang pengguna melaporkan bahwa kartunya dipakai untuk sebuah transaksi di lokasi yang sangat jauh.

Apple Card diklaim hadir dengan sejumlah keunggulan. Setidaknya, Apple menawarkan kemudahan proses pembuatan, tanpa biaya administrasi, mudah digunakan, dan yang terpenting, mengutamakan privasi dan keamanan dengan tidak menyertakan informasi apapun, misalnya nomor kartu. 

Meski begitu, nyatanya Apple Card tidak luput dari aksi kecurangan yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab. Seorang pengguna Apple Card bernama David baru-baru ini membagikan pengalamannya ketika menggunakan Apole Card. Ia mendapati bahwa kartunya digunakan dalam sebuah transaksi yang berlokasi di negara bagian lain di Amerika Serikat. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple iOS 13 mengirimkan beberapa data ke Tencent

Analis perkirakan iPhone SE 2 akan dibanderol USD399 (Rp5,6 jutaan)

Modem 5G Apple akan hadir pada 2022


Sebagaimana dilaporkan oleh 9to5mac (10/10), detail transaksi tersebut dikatakan dekat dengan lokasi David. Namun ketika ia mencocokkan lokasi itu di peta, lokasi transaksi itu jauh dari tempat ia berada. 

Temuan ini pun sudah dilaporkan ke Apple. Sayangnya, perwakilan Apple yang ditanyai mengaku belum memiliki solusi untuk masalah tersebut. Bahkan perwakilan itu menyebut bahwa ini merupakan kasus yang langka. 

Untuk diketahui, sejak Apple Card diluncurkan, ini merupakan kasus pertama yang dilaporkan pengguna. Meski tidak menyertakan informasi apapun di kartunya, Apple Card masih dibekali dengan chip magnetic. Menurut perwakilan Apple, yang dikutip dari 9to5mac, Apple Card masih berpotensi terkena skimming. 

Para pencuri data ini biasanya memanfaatkan tempat-tempat yang mudah diakses untuk memasang alat skimming. Salah satu tempat paling berpotensi adalah stasiun pengisian bahan bakar. Di sini, para pencuri data bisa dengan mudah mengambil data Apple Card seseorang. 

Absennya nomor kartu memang menjadi keunggulan Apple Card. Bahkan sampai saat ini, baru Apple Card saja yang hadir tanpa nomor kartu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, selama masih menggunakan chip magnetic, Apple Card masih rentan terhadap aktivitas skimming.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: